Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Nataru, PT KAI Tambah 6 Kereta 

Diperkirakan puncak kepadatan terjadi tanggal 31 Desember

Kota Yogyakarta, IDN Times- Antisipasi lonjakan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daops 6 Yogyakarta menambah sebanyak lima kereta tambahan. 

Keterangan Manajer Humas PT KAI Daops 6, Eko Budiyanto lima kereta tambahan tersebut adalah Argo Lawu fakultatif (Solo-Gambir), Argo Dwipangga fakultatif (Solo-Gambir), Taksaka fakultatif (Yogyakarta-Gambir), Lodaya Natal dan Tahun Baru (Solo-Bandung), Sancaka fakultatif (Yogyakarta-Surabaya Gubeng).

Kereta tambahan untuk libur Natal dan Tahun Baru 2020 akan dijalankan mulai tanggal 18 Desember hingga 5 Januari 2020, dengan kapasitas 4.852 tempat duduk per hari.  

Baca Juga: Pengin Plesiran ke Yogyakarta, PT KAI Hadirkan Kereta Wisata Mewah 

1. Jumlah kereta tambahan tahun ini berkurang

Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Nataru, PT KAI Tambah 6 Kereta IDN Times/Tunggul Kumoro

Jumlah tambahan kereta tahun ini diakui Eko lebih sedikit dibanding saat liburan 2018. Menurut Eko, pengurangan jumlah kereta tambahan yang disiapkan untuk libur Natal dan Tahun Baru 2020 disebabkan adanya penambahan perjalanan kereta api baru di Daop 6 Yogyakarta, di antaranya Sancaka Utara dan Anjasmara serta tambahan jadwal perjalanan kereta bandara.

“Pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kami menyiapkan delapan kereta tambahan. Tetapi untuk tahun ini jumlahnya berkurang menjadi lima kereta tambahan saja," ujar Eko di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Rabu (11/12) dilansir dari Antara. 

 

2. Jumlah penumpang saat libur Nataru diperkirakan naik 5%

Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Nataru, PT KAI Tambah 6 Kereta IDN Times/Tunggul Kumoro

Meskipun jumlah kereta tambahan yang disiapkan berkurang, namun Eko memastikan seluruh penumpang tetap terlayani bahkan PT KAI Daops 6 memperkirakan jumlah penumpang naik sebanyak 5% dibanding tahun lalu.

Sedangkan puncak kepadatan penumpang kereta api diperkirakan terjadi saat pergantian tahun baru, yaitu 31 Desember 2019 dengan jumlah penumpang diperkirakan sebanyak 45.783 orang.

3. Persiapan jalur kereta api saat libur panjang

Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Nataru, PT KAI Tambah 6 Kereta Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono menunjukkan penampakan fasilitas KA Wisata Kelas Priority dalam jumpa pers di Anggrek Executive Lounge Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (11/12). IDNTimes/Holy Kartika N.S

Agar perjalanan aman dari gangguan, PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah melakukan persiapan jalur kereta api agar tetap aman dilalui, khususnya di daerah rawan banjir.

“Sudah dilakukan antisipasi, seperti memperbaiki talut, mengecek kondisi jembatan panjang, dan antisipasi lain. Alat material untuk siaga (amus) juga disiapkan di beberapa titik karena libur Nataru bertepatan dengan musim hujan,” katanya.

Eko pun mengingatkan pengguna jalan agar selalu memperhatikan rambu saat melewati perlintasan kereta api. Saat liburan PT KAI akan menambah penjaga perlintasan. “Pintu perlintasan merupakan daerah rawan kecelakaan. Petugas penjaga perlintasan akan ditambah, namun kami harap pengguna juga waspada dan berhati-hati,” katanya.

Baca Juga: Per 1 Desember 2019, Sejumlah Kereta Api Ganti Jadwal Keberangkatan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya