6 Aparatur Sipil Negara Pemda DIY Positif COVID - 19

Kasus terjadi setelah satu ASN pulang dari luar kota

Kota Yogyakarta, IDN Times -Sebanyak 6 Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY positif COVID-19. Sebanyak 6 ASN itu terdiri dari 3 ASN laki-laki dan 3 perempuan. Sebagian besar ASN yang terpapar COVID-19 tidak memiliki gejala alias Orang Tanpa Gejala (OTG).

 

1. Kasus berawal saat satu ASN pergi ke luar kota

6 Aparatur Sipil Negara Pemda DIY Positif COVID - 19Ilustrasi mobil. IDN Times/Mardya Shakti.

Menurut keterangan Wakil Kepala Dinas DPKP DIY Syam Arjayanti, kasus COVID-19 di instansinya berawal dari pegawai DPKP DIY berjenis kelamin perempuan pergi keluar kota. ASN berusia 25 tahun itu menghadiri acara keluarga pada cuti bersama akhir Oktober 2020 lalu.

"Ketika kembali berdinas usai bepergian keluar kota pada tanggal 2 November 2020 lalu, dirinya merasa kurang enak badan dan memutuskan untuk swab mandiri dengan hasil positif," kata Syam dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11).

ASN tersebut sempat masuk kantor dari tanggal 2 hingga 4 November. Saat itu, yang bersangkutan kontak langsung dengan rekan kerja yang berada satu ruangan. "Tanggal 5 November seluruh seksi tempat pegawai terkonfirmasi ini diwajibkan untuk Work From Home (WFH)," katanya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Warung Makan Kembali Muncul di Kota Yogyakarta 

2. Kasus sudah dilaporkan ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19

6 Aparatur Sipil Negara Pemda DIY Positif COVID - 19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Syam menambahkan instansinya segera melaporkan kasus ini kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY serta Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang segera ditindak lanjuti.

Kontak tracing yang dilakukan merujuk pada 8 orang yang kontak langsung dengan pegawai terkonfirmasi positif tersebut untuk swab. "Dari 8 orang tersebut, 5 orang dinyatakan positif," ujarnya.

Syam merinci lima pegawai yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut yakni laki-laki berusia 30 tahun asal Sleman, laki-laki 58 tahun asal Bantul, laki–laki 32 tahun asal Kebumen, perempuan 25 tahun asal Nganjuk, dan perempuan 30 tahun asal Sleman.

"Saat ini dari 6 terkonfirmasi positif tersebut, 1 orang isolasi di Asrama Haji, 2 orang di BPSDMP dan 3 orang isolasi mandiri," katanya.

3. Sebagian besar ASN masuk kategori OTG

6 Aparatur Sipil Negara Pemda DIY Positif COVID - 19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Menurut Syam, sebagian besar ASN yang positif COVID-19 masuk kategori OTG. Sehingga mereka melakukan isolasi mandiri untuk proses penyembuhannya.

"Untuk langkah-langkah yang kami tempuh diantaranya adalah satu ruangan di WFH-kan, melapor ke Gugas COVID-19 DIY, melapor ke Dinkes dan segera tracing dan swab. Lingkungan kantor juga kita sterilkan dengan disinfektan. Kita perketat sterilisasi sampai masa inkubasi virus selesai,” ujar Syam.

 

Baca Juga: 272 Sabo Dam Merapi Siap Tampung 13,9 Juta Meter Kubik Lahar Dingin

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya