5 GeNose Digunakan di Stasiun Tugu, Uang Dikembalikan Jika Positif 

Satu kali pakai GeNose bayar Rp20 ribu

Kota Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak lima unit GeNose ditempatkan di Stasiun Tugu Yogyakarta. Alat besutan peneliti UGM ini digunakan mendeteksi COVID bagi penumpang kereta api jarak jauh. 

“Sampai saat ini sudah ada 167 calon penumpang yang melakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan GeNose,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Kamis (4/2/2021).

 

 

1. Satu kali pakai GeNose bayar Rp20 ribu

5 GeNose Digunakan di Stasiun Tugu, Uang Dikembalikan Jika Positif Mesin GeNose (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Secara resmi penggunaan alat ini akan dilakukan besok Jumat (5/2/2021), namun sejak Rabu (3/2/2021) mulai disosiaisasikan penggunaannya kepada calon penumpang. Setiap calon penumpang dikenai dengan tarif pemeriksaan yaitu Rp20 ribu

Seperti hasil rapid test antigen maupun PCR test yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan, hasil pemeriksaan dengan GeNose juga memiliki masa berlaku yang sama. “Tentu saja hasilnya harus menunjukkan bahwa calon penumpang negatif COVID-19,” kata Supriyanto seperti dilansir dari Antara. 

Baca Juga: GeNose Dijual di Marketplace, UGM Ingatkan Ada Oknum Ambil Keuntungan

2. Patuhi syarat sebelum tes GeNose

5 GeNose Digunakan di Stasiun Tugu, Uang Dikembalikan Jika Positif GeNose besutan UGM. Dok: istimewa

Saat dilakukan uji coba, penumpang hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima menit untuk melakukan pemeriksaan hingga memperoleh hasil. Namun pihak PT KAI mengimbau calon penumpang dapat melakukannya pada H-1 sebelum keberangkatan. 

“Setidaknya 30 menit sebelum pemeriksaan tidak boleh merokok, makan, dan minum kecuali air putih supaya hasil pemeriksaan menjadi lebih baik,” katanya.

 

3. Uang penumpang akan dikembalikan jika hasil GeNose positif

5 GeNose Digunakan di Stasiun Tugu, Uang Dikembalikan Jika Positif IDN Times/Tunggul Kumoro

Pada saat pemeriksaan, calon penumpang diminta mengambil napas dari hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali.

Dua kali pengambilan dan pembuangan napas dilakukan di dalam masker, dan pembuangan napas kali ketiga langsung dihembuskan ke dalam kantong hingga penuh. Kantong lalu dikunci dan diserahkan ke petugas untuk dianalisa.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan positif COVID-19, maka penumpang tidak diperbolehkan naik kereta api dan tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI di nomor 081112111121 dan uang tiket dikembalikan penuh.

 

Baca Juga: Pengguna GeNose harus Puasa Maksimal 1 Jam sebelum Diperiksa

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya