36.533 Nakes di DIY akan Menerima Vaksin COVID-19 Tahap Pertama 

Vaksin terbanyak untuk nakes di Kabupaten Sleman

Kota Yogyakarta, IDN Times -  Jumlah tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama sebanyak 36.533. Angka tersebut berdasarkan data jumlah tenaga kesehatan (nakes) ditambah tenaga yang pekerja di bidang fasilitas kesehatan (faskes) per 3 Januari 2021 pukul 23.59 WIB yang dikeluarkan oleh Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jumlah nakes penerima vaksin di DIY terbanyak adalah di Kabupaten Sleman. Hal ini disebabkan jumlah faskes di Sleman lebih banyak di banding kabupaten lain.   

1. Vaksin terbanyak untuk nakes di Sleman, paling sedikit Kulon Progo

36.533 Nakes di DIY akan Menerima Vaksin COVID-19 Tahap Pertama Vaksin COVID-19 Sinovac, Minggu (19/7) tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad (Dok. IDN Times/Istimewa)

Bantuan vaksin untuk nakes yang akan diterima oleh Kabupaten Sleman sebanyak berjumlah 14.484. Kota Yogyakarta akan menerima 8.727, Kabupaten Bantul akan menerima 6.741, Gunungkidul sebanyak 3.396, dan Kabupaten Kulon Progo sebanyak 3.196 vaksin.  

2. Pemberian vaksin akan diberikan dalam 4 tahap

36.533 Nakes di DIY akan Menerima Vaksin COVID-19 Tahap Pertama Petugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Pemberian vaksin akan diberikan dalam 4 tahap yang pertama bagi nakes dan tenaga yang bekerja di faskes, yaitu tenaga administrasi, sopir ambulans hingga pengelola jenazah. 

Tahap kedua akan diberikan untuk petugas pelayanan publik dan lansia yang berumur maksimal 59 tahun. 

Tahap ketiga yang menerima adalah masyarakat rentan, dan tahap keempat adalah pelaku ekonomi dan masyarakat lainnya. 

 

Baca Juga: DIY Targetkan Vaksinasi COVID-19 Mulai Pertengahan Januari 2021

3. Ini ketentuan penerimaan vaksin bagi lansia

36.533 Nakes di DIY akan Menerima Vaksin COVID-19 Tahap Pertama Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Vaksin pada tahap awal akan diberikan pada kelompok usia 18 hingga 59 tahun. Sedangkan untuk lansia termasuk nakes yang berusia 60 tahun ke atas, akan diberikan  setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin bagi kelompok usia tersebut. 

Bagi warga yang mempunyai komorbid, vaksin akan diberikan sesuai rekomendasi Ahli Imunisasi Nasional dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

Baca Juga: 8.250 Nama di Faskes Sleman Terdata sebagai Penerima Vaksin Pertama

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya