300 Personel Keamanan Jaga Tugu dan Malioboro Selama Libur Panjang 

Wisatawan tak pakai masker akan dikenai sanksi

Kota Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 300 personel keamanan disiapkan untuk mengamankan tempat wisata di kawasan Tugu dan Malioboro saat libur panjang. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Agus Winarto menyatakan pengamanan akan difokuskan di beberapa lokasi yang diperkirakan akan ramai dikunjungi wisatawan, seperti di kawasan Tugu, Malioboro hingga Keraton dan Alun-alun. 

1. Personil keamanan jaga siang hingga malam hari

300 Personel Keamanan Jaga Tugu dan Malioboro Selama Libur Panjang Ilustrasi kawasan Malioboro. IDN Times/Paulus Risang

Agus menyatakan jumlah personel yang disiagakan pada siang hari berjumlah 160 orang, dan malam hari sebanyak 150 orang.

“Personel ini kami bagi dalam tim yang akan bertugas pada siang hari dan malam hari. Terlebih saat ini sekitar Tugu Yogyakarta sedang dalam tahap penataan,” kata Agus Winarto dikutip dari Antara pada Rabu (28/10/2020). 

Baca Juga: Long Weekend, Dishub Sleman Awasi Kapasitas Kendaraan di Tempat Wisata

2. Wisatawan tak pakai masker akan dikenai sanksi

300 Personel Keamanan Jaga Tugu dan Malioboro Selama Libur Panjang Pendisiplinan masyarakat yang dilakukan Satpol PP di kawasan Malioboro. IInstagram/ Satpol PP DIY

Pengawasan terhadap wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan menjadi tujuan utama. Pengunjung yang kedapatan tidak mengenakan masker akan langsung dikenai sanksi berupa kerja sosial seperti membersihkan atau menyapu tempat umum.

“Kami pun akan menggelar operasi gabungan penegakan protokol kesehatan untuk pelaku usaha di masa libur panjang ini. Harapannya, dengan kedisiplinan masyarakat, pengunjung, dan pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan maka tidak muncul klaster penularan baru,” kata Agus.

3. Selain kawasan Malioboro, Keraton dan Alun-alun akan dijaga

300 Personel Keamanan Jaga Tugu dan Malioboro Selama Libur Panjang https://www.kratonjogja.id/

Selain kawasan Tugu, dan Malioboro tim keamanan yang terdiri dari Satpol PP, Polisi Pamong Praja DIY, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri akan menjaga kawasan Keraton Yogyakarta, Alun-alun Utara dan Selatan. 

Baca Juga: Liburan Seru Keliling Gunungkidul Cuma Bayar Rp100 Ribu, Mau?

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya