2.300 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan di Yogyakarta    

Yogyakarta kantongi kota bebas rabies sejak 1997

Kota Yogyakarta, IDN Times - Kabar gembira bagi pencinta dan pemilik hewan. Sebanyak 2.300 dosis vaksin rabies gratis akan diberikan untuk anjing, kucing dan kera yang ada di Yogyakarta. Pemberian ini untuk mempertahankan predikat Yogyakarta sebagai kota bebas rabies sejak tahun 1997. 

“Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam 26 provinsi di Indonesia yang sudah dinyatakan bebas rabies sejak 1997. Status ini harus dipertahankan dengan cara melakukan vaksinasi rabies secara rutin,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota, Suyana, Selasa (31/8/2021). 

 

 

 

 

 

 

1. Program vaksinasi gratis 6 September hingga 30 Oktober 2021

2.300 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan di Yogyakarta    Kera di Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Program vaksinasi rabies tersebut dilakukan di seluruh Poliklinik Hewan di Kota Yogyakarta, bahkan di klinik-klinik praktek dokter hewan swasta di kota Yogyakarta.

Kegiatan vaksinasi di kelurahan dilaksanakan pada 6-24 September 2021 secara bergiliran, sedangkan vaksinasi di poliklinik dan klinik dokter hewan swasta dilakukan pada 6 September hingga 30 Oktober 2021.

 

Baca Juga: Tak Ada Pemasukan, Museum di Yogyakarta Butuh Bantuan Dana 

2. Ini syarat hewan yang dapat divaksinasi

2.300 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan di Yogyakarta    Pixabay.com/selene2303

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sri Panggarti mengatakan hewan yang akan divaksinasi sebaiknya sudah diberi obat cacing minimal sepekan sebelumnya. Hewan juga harus dalam kondisi sehat, tidak sedang hamil atau menyusui, dan berusia minimal empat bulan.

Pada tahun lalu, hewan yang mengikuti vaksinasi rabies tercatat sebanyak 2.170 ekor yang terdiri atas 490 ekor anjing, 1.679 kucing, dan satu ekor kera. “Vaksinasi rabies sebaiknya diulang setiap satu tahun sekali,” katanya dilansir Antara. 

3. Pengin daftar?

2.300 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan di Yogyakarta    Ilustrasi hewan peliharaan dan pemiliknya. Sumber: Pexels/Japheth Mast

Saat datang ke lokasi vaksinasi, pemilik hewan diminta membawa KTP atau surat keterangan domisili dari RW apabila pemilik hewan bukan warga Kota Yogyakarta, tetapi tinggal di Yogyakarta.

Warga yang ingin mengakses program tersebut diminta mendaftar melalui nomor WhatsApp atau link pendaftaran di alamat https://bit.ly/vaksinrabiesjogja21. 

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya