Comscore Tracker

2 Jam Diguyur Hujan Deras, Puluhan Papan Reklame di Jogja Roboh 

Tinggi gelombang di Samudra Hindia hingga 6 meter

Yogyakarta, IDN Times - Selama dua jam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguyur hujan deras disertai angin kencang. Cuaca ekstrem yang terjadi sekitar pukul 14.40 WIB hingga 16.30 mengakibatkan beberapa kerusakan. Mulai dari banjir hingga hingga puluhan papan reklame rusak.  

1. Kerusakan tersebar di kota dan kabupaten

2 Jam Diguyur Hujan Deras, Puluhan Papan Reklame di Jogja Roboh Papan reklame rusak akibat cuaca esktrem di DIY. IDN Times/Febriana Sinta

Data yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyatakan hingga pukul 18.00 WIB terdapat beberapa kerusakan yang tersebar di kota dan kabupaten di DIY.

1. Kota Yogyakarta
Kerusakan terjadi di Kecamatan Kota Gede, Gondokusuman dan Umbulharjo.
Kerusakan yang terjadi empat pohon tumbang, dua tempat usaha mengalami kerusakan, satu jaringan listrik rusak.

2. Kabupaten Sleman
Kerusakan terjadi di kecamatan Depok, Ngaglik dan Berbah.
Dampaknya adalah 10 pohon tumbang, satu unit kendaraan rusak, empat jaringan listrik rusak, empat jaringan telepon rusak, enam papan iklan roboh.

3. Kabupaten Gunungkidul
Terjadi di Kecamatan Playen mengakibatkan tujuh pohon tumbang dan satu jaringan listrik rusak

4. Kabupaten Kulon Progo
Terjadi di Kecamatan Kalibawan, mengakibatkan tiga pohon tumbang, dua rumah rusak dan satu jaringan listrik terganggu. 

5. Kabupaten Bantul
Meliputi Kecamatan Kasihan, Piyungan dan Banguntapan
Dampak cuaca ekstrem sebanyak enam pohon tumbang, tiga rumah rusak, tiga jaringan listrik mati. 

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Penjual Bakmi Jawa di Bantul

2. Beberapa papan reklame rusak

2 Jam Diguyur Hujan Deras, Puluhan Papan Reklame di Jogja Roboh Papan reklame rusak akibat cuaca esktrem di DIY. IDN Times/Febriana Sinta

Di Kecamatan Depok,  salah seorang warga Mrican, Agustina menyatakan hujan deras dan angin kencang di sepanjang Jalan Adisucipto mengakibatkan sedikitnya empat baliho berukuran sekitar dua meter roboh dan puluhan rontek yang diletakkan di pembatas jalan rusak. 

" Yang berukuran paling besar di parkiran mobil bagian luar Ambarrukmo Plaza, pas roboh di bawahnya ada mobil. Untung tidak kena, jadi tidak rusak. Kemudian ke arah timur beberapa juga rusak," ujar Agustina, Minggu (4/4/2021). 

Selain papan reklame, banjir dengan tinggi di sekitar mata kaki orang dewasa mengakibatkan kemacetan yang panjang.

  

3. Tinggi gelombang hingga 6 meter

2 Jam Diguyur Hujan Deras, Puluhan Papan Reklame di Jogja Roboh Ilustrasi kapal-kapal nelayan. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Sementara itu, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hari ini tinggi gelombang di Samudra HIndia selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta diperkirakan mencapai kisaran 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi. 

BMKG mengimbau nelayan dan semua pihak yang melakukan aktivitas di laut tetap memperhatikan informasi prakiraan tinggi gelombang. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya