18 Ribu Mahasiswa UGM Terima Beasiswa Pendidikan

Jumlah nominal beasiswa yang dikelola UGM bertambah

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan beasiswa kepada 18.964 mahasiswa. Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Sindung Tjahyadi, menyampaikan UGM setiap tahun mengalokasikan ratusan miliar untuk pemberian beasiswa dengan menghimpun berbagai mitra baik dari pemerintah maupun pihak swasta. 

1. Jumlah nominal beasiswa yang dikelola oleh UGM bertambah dari tahun ke tahun

18 Ribu Mahasiswa UGM Terima Beasiswa Pendidikanilustrasi beasiswa (IDN Times/Aditya Pratama)

UGM mengalokasikan dana beasiswa hingga ratusan miliar yang diperuntukan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dari sisi ekonomi, kurang mampu namun memiliki prestasi akademik dan mahasiswa yang sudah mendapat beasiswa dari program Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Menurut Sindung, jumlah nominal beasiswa yang dikelola oleh UGM bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020 jumlah dana beasiswa yang dihimpun mencapai Rp274,6 miliar, lalu meningkat menjadi Rp295,4 miliar pada tahun 2021 lalu. “Dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat bahkan mitranya pun makin bertambah,” katanya dikutip laman resmi UGM, Kamis (19/1/2023). 

Sedangkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) pada tahun 2022 lalu sebanyak 1.882 orang mahasiswa. “Jumlahnya berkisar di angka tersebut, tercatat total jumlah penerima beasiswa bidikmisi sejak 2010 lalu hingga sekarang sebanyak 15.656 orang,” ujar Sinung.

2. Kriteria penerima beasiswa untuk mahasiswa dari program sarjana dan diploma

18 Ribu Mahasiswa UGM Terima Beasiswa PendidikanUGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Sindung menjelaskan penerima beasiswa untuk mahasiswa dari program sarjana dan diploma diberikan dalam bentuk tiga kategori yakni mahasiswa berprestasi yang kurang mampu, lalu beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu, dan beasiswa kemitraan melalui  Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

“Tidak ada alasan bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk tidak melanjutkan pendidikannya di UGM hingga selesai,” imbuhnya.

 

Baca Juga: Partai Baru Bermunculan, Pakar Politik UGM: Lahir karena Baperan

3. Lembaga pemberi beasiswa

18 Ribu Mahasiswa UGM Terima Beasiswa Pendidikanilustrasi beasiswa (IDN Times/Aditya Pratama)

Lembaga mitra yang memberikan beasiswa berasal dari instansi pemerintah, swasta, yayasan, BUMN, BUMD, alumni, pribadi, dan dari UGM sendiri hingga dari perguruan tinggi luar negeri.

Sedangkan jenis beasiswa bagi mahasiswa program pascasarjana berasal dari berbagai sumber mitra pemberi beasiswa. Tercatat terdapat 26 mitra pemberi beasiswa untuk mahasiswa program pascasarjana mulai dari lembaga pemerintah, swasta dan pihak yayasan.

 

Baca Juga: Mahasiswa UNY Gelar Aksi Minta Rektor Perbaiki Sistem Penentuan UKT

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya