1.000 Jip Wisata Merapi Siap Sambut Wisatawan  

Jip Merapi tawarkan kenangan bagi wisatawan piknik di Merapi

Sleman, IDN Times -  Sebanyak 1.000 armada jip wisata siap melayani kunjungan wisatawan di kawasan lereng Gunung Merapi saat libur Natal dan Tahun Baru. Ketua Umum Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Daldiri mengatakan wisata minat khusus menggunakan jip wisata telah meningkat. 

"Kami yakin pada musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan lereng Merapi diantaranya kawasan Kaliurang, Kaliadem dan sekitarnya," kata Daldiri, Senin (12/12/2022). 

 

1. Wisata jip Merapi masih menjadi primadona

1.000 Jip Wisata Merapi Siap Sambut Wisatawan  Ilustrasi jip wisata di kawasan Kaliurang, Sleman (IDN Times/Febriana Sinta)

Daldiri yakin wisata minat khusus lava tour menggunakan jip wisata di kawasan lereng Merapi masih menjadi primadona sebagian besar wisatawan kawasan Kaliurang dan Kaliadem. Hal tersebut dikarenakan pascapandemi COVID-19 sudah terdapat kelonggaran dan memberi dampak positif terhadap wisatawan.

"Meskipun di luar hari libur akhir pekan, saat ini setiap hari tiada henti dapat dilihat lalu lalang jip wisata yang membawa wisatawan di kawasan lereng Merapi. Ini merupakan fenomena positif pascapandemi COVID-19," katanya dikutip Antara.

2. 29 basecamp tersebar di Kaliurang dan Kaliadem

1.000 Jip Wisata Merapi Siap Sambut Wisatawan  Ilustrasi Jip Merapi. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) terdiri 29 basecamp yang tersebar di kawasan Kaliurang dan Kaliadem. Sebanyak 16 basecamp di kawasan Kaliurang dan 13 basecamp di Kaliadem, keseluruhan armada sebanyak 1.000 jip wisata.

Pihaknya juga mengedukasi para pengemudi untuk mengutamakan keselamatan wisatawan. "Kami selalu mengimbau para pengemudi agar senantiasa mengedepankan pelayanan terhadap wisatawan dengan mengutamakan aspek keselamatan," katanya.

Baca Juga: Syahdunya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi 

3. Jip Merapi tawarkan kenangan bagi wisatawan piknik di Merapi

1.000 Jip Wisata Merapi Siap Sambut Wisatawan  Ilustrasi jip wisata Merapi. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Wasita mengungkapkan wisata minat khusus lava tour menggunakan jip wisata di lereng Merapi bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi wisatawan.

"Selain tentunya destinasi-destinasi lain di lereng Merapi yang tak kalah menariknya," katanya.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Pentingsari, Naik Jip hingga Susur Sungai

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya