1 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Yogyakarta selama Bulan Juni

Okupansi hotel di DIY capai 90 persen

Yogyakarta, IDN Times - Selama satu bulan Kota Yogyakarta dibanjiiri sebanyak satu juta wisatawan. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta jumlah kunjungan itu terjadi pada bulan Juni dan meningkat dibandingkan dua bulan sebelumnya.

Kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta berdasarkan data Dinas Pariwisata pada April tercatat sebanyak 268.831 orang, naik menjadi 806.942 wisatawan pada Mei, dan 900.665 wisatawan pada Juni.

“Jumlah kunjungan wisatawan sepanjang Juni cukup tinggi dan mungkin masih bisa naik pada Juli karena masih ada libur sekolah pada pekan pertama,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati di Yogyakarta, Jumat (15/7/2022).

1. Dinas Pariwisata tidak miliki data pasti wisatawan yang berkunjung saat libur sekolah

1 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Yogyakarta selama Bulan Juniwww.jogjatravelling.com

Andrini Wiramawati menjelaskan untuk jumlah wisatawan yang berkunjung selama libur sekolah, Dinas Pariwisata tidak memiliki data secara pasti. Pasalnya, karena hitungan kunjungan wisatawan dilakukan bulanan. "Hitungan jumlah kunjungan wisatawan didasarkan pada jumlah kunjungan di hotel dan di objek pariwisata," katanya dikutip Antara.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Penyewaan hingga Tur Wisata Sepeda di Jogja   

2. Dinas Pariwisata tergetkan kunjungan 1,4 juta wisatawan selama 2022

1 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Yogyakarta selama Bulan JuniTugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menargetkan total kunjungan wisatawan sebanyak 1,4 juta orang pada tahun ini. Jumlah itu naik dibandingkan total kunjungan wisatawan pada tahun sebelumnya sebanyak 1,1 juta orang.

Hanya, terdapat perbedaan pola penghitungan kunjungan wisatawan pada 2021 yang dilakukan tahunan dan 2022 dilakukan bulanan. Perubahan metode penghitungan ditujukan supaya pemerintah bisa mengambil kebijakan dan strategi yang tepat dan cepat untuk pengembangan pariwisata di kota tersebut. Strategi pengembangan pariwisata yang akan dilakukan pada tahun ini di antaranya mengintensifkan promosi dan pengembangan daya tarik objek wisata.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sarapan dekat Malioboro, Gudeg, Soto sampai Jenang

3. Okupansi hotel di DIY capai 90 persen

1 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Yogyakarta selama Bulan JuniIlustrasi hotel. (Instagram/@grandcandismg).

Sementara itu, Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranawa Eryana menjelaskan okupansi hotel di DIY mencapai 90 persen untuk hotel berbintang selama libur sekolah. Sedangkan untuk hotel non bintang, okupansinya bervariasi antara sekitar 50 persen untuk kabupaten di luar Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta dan 70 persen untuk Sleman dan Yogyakarta.

"PHRI DIY menyebut, hotel sudah mengoperasionalkan seluruh kamar saat libur sekolah karena berlaku PPKM level satu," katanya.

Baca Juga: Kopi Joss Slasar Malioboro, Tempat Nongkrong Dekat Stasiun Tugu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya