Comscore Tracker

Wapres Sebut Pemerintah Sudah Antisipasi Penyebaran Virus Corona 

Bandara Adisutjipto siapkan alat pendeteksi suhu badan

Kulon Progo, IDN Times - Pemerintah Indonesia sudah mengantisipasi penyebaran Virus Corona dari Tiongkok yang menyebabkan korban meninggal terus bertambah. Wapres Ma'ruf Amin menyatakan Pemerintah Indonesia sudah membuat langkah antisipasi.

"Virus Corona, kita sudah antisipasi kemungkinan itu (penularan),"kata Wapres Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Bandara YIA, Kulon Progo, Jumat (24/1).

Baca Juga: Humas RSUP Sardjito: Hoaks, 2 Perawat Tertular Virus Corona 

1. Perketat screening penumpang pesawat dari Tiongkok khususnya Wuhan‎

Wapres Sebut Pemerintah Sudah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Ilustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Wapres menjelaskan Kemenkes sudah menyiapkan upaya deteksi sejak dini. Salah satunya dengan melakukan screening menggunakan alat deteksi suhu tubuh dan penumpang yang datang dari luar negeri wajib menjalani pemeriksaan.

"Apalagi penumpang dari Tiongkok khususnya Kota Wuhan," katanya.

2. Bandara Adisutjipto siapkan alat pendeteksi suhu tubuh bagi penumpang‎

Wapres Sebut Pemerintah Sudah Antisipasi Penyebaran Virus Corona GM Bandara Adusutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama. IDN Times/Holy Kartika

Sebelumnya GM PT Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan sudah menyiapkan body thernam screening bagi penumpang dari luar negeri. Setiap penumpang pesawat dari luar negeri yang turun akan menjalani screening untuk memastikan kondisi kesehatannya.

"Jika ditemukan ada kondisi tertentu akan dilakukan investigasi lebih lanjut. Dan begitu ada tanda-tanda suhu badan panas akan dirujuk ke RSUP dr. Sardjito, Yogya," katanya.

3. Maskpai harus membuat dokumen general declaration ke KKP‎

Wapres Sebut Pemerintah Sudah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Salah satu maskapai penerbangan yang melayani penerbangan langsung Jogja-Singapura, Jogja-Kuala Lumpur. shutterstock.com/OhSurat

Pandu menambahkan selain pengecekan suhu tubuh penumpang, maskapai juga punya kewajiban untuk memberikan dokumen general declaration ke KKP. Hal ini ditujukan untuk mendeteksi penumpang yang sudah sakit dari pemberangkatan.

"Kita tidak memiliki penerbangan langsung ke Tiongkok, namun Adisutjipto memiliki penerbangan internasional dari Malaysia dan Singapura dan dua negera itu telah ditemukan Virus Corona terus ditingkatkan kewaspadaan," katanya.‎

Baca Juga: Menlu Pastikan Belum Ada WNI di Tiongkok yang Terjangkit Virus Corona

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya