Vaksinasi Lansia di Bantul Dimulai, Calon Haji Dapat Giliran Pertama

Vaksinasi untuk pelaku wisata ditargetkan selesai April 2021

Bantul, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 kepada lansia. Sebanyak 400 calon jemaah haji 2021 yang berusia lanjut mendapat giliran pertama untuk menerima vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Bantul, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Terbanyak se-DIY, 100 Ribu Orang di Sleman Sudah Divaksinasi

1. 400 calon jemaah haji 2021 kategori lansia terima suntikan vaksin

Vaksinasi Lansia di Bantul Dimulai, Calon Haji Dapat Giliran PertamaKepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja (baju batik). IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja, mengatakan vaksinasi kepada lansia merupakan salah satu prioritas seperti instruksi dari Kemenkes. Lansia dinilai paling rentan terpapar COVID-19 dan dampaknya bisa lebih parah.

"Hari ini kita 'kick-off' vaksinasi COVID-19 untuk lansia dengan menyasar 400 calon jemaah haji 2021 kategori lansia," katanya di Kantor Dinas Kesehatan Bantul, Selasa.

2. 130 ribu lansia di Bantul jadi sasaran vaksinasi

Vaksinasi Lansia di Bantul Dimulai, Calon Haji Dapat Giliran PertamaPendaftaran calhal kategori lansia sebelum diberikan suntikan vaksin. IDN Times/Daruwaskita

Pria yang akrab disapa Gus Bud ini mengatakan pelaksanaan vaksinasi bagi calhaj lansia dilakukan selama dua hari. Setiap hari, ditargetkan 200 calhaj menerima vaksinasi.

"Setelah selesai nantinya dilanjutkan vaksinasi lansia di puskesmas di 17 kecamatan di Bantul disesuaikan dengan stok vaksin yang ada," ucapnya.

Jumlah lansia di Kabupaten Bantul sendiri mencapai sekitar 130 ribu lansia. Mekanisme pendaftaran vaksinasi lansia dilakukan secara online. Selain itu, ada pendataan per padukuhan dan data lansia akan dikirim ke puskesmas di wilayah masing-masing untuk diberi jadwal pemberian suntikan vaksin.

"Namun lagi-lagi, pemberian vaksinasi tetap tergantung distribusi vaksin dari pemerintah pusat. Semakin banyak distribusi vaksin maka semakin cepat selesai vaksinasinya," tuturnya.

3. Guru PAUD hingga SMP sederajat ditargetkan selesai bulan Juni 2021

Vaksinasi Lansia di Bantul Dimulai, Calon Haji Dapat Giliran PertamaJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa.IDN Times/Daruwaskita

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul,  dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan setelah menyelesaikan vaksinasi kepada nakes maka sesuai prioritas dari Gugus Tugas Kabupaten Bantul adalah guru yang diharapkan pada bulan Juni 2021 sudah selesai semua.

"Ini kaitannya dengan rencana pembelajaran tatap muka pada bulan Juli 2021. Namun ini untuk guru PAUD hingga SMP sederajat, untuk guru SMA sederajat kewenangan dari provinsi," ungkapnya.

Sementara untuk pelaku wisata yang jumlahnya sekitar 1.000-an sasaran ditargetkan selesai pada bulan April 2021 ini.

"Ya kita berharap pasokan vaksin dari pusat juga lancar karena sampai pekan ini stok vaksin hanya sekitar 5 ribuan vial atau hanya untuk 2.500 sasaran," tuturnya.
 

Baca Juga: Ribuan Pelaku Wisata di Sleman Divaksinasi Massal secara Drive-Thru

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya