Vaksinasi di Gunungkidul Diwarnai Kerumunan Warga   

Vaksinasi digelar dalam rangka HUT Bhayangkara

Gunungkidul, IDN Times - Kerumunan warga terjadi saat program vaksinasi massal yang diselenggarakan Polres Gunungkidul di Gor Siyono, dalam rangka menyambut HUT ke 75 Bhayangkara.

Antusiasme warga yang tinggi untuk mendapatkan suntikan vaksin membuat kerumunan tak terhindarkan. Warga yang berasal dari sejumlah kapanewon seperti Playen, Wonosari, Semanu dan Karangmojo sudah antre di pintu masuk Gor.  

1. Imbauan jaga jarak tak digubris calon penerima vaksin‎

Vaksinasi di Gunungkidul Diwarnai Kerumunan Warga   mindthegap.today

Wakapolres Gunungkidul, Kompol Widya Mustikaningrum mengaku sudah mengimbau warga melalui pengeras suara agar mundur dan tetap menjaga jarak. Namun imbauan tersebut tak direspons oleh masyarakat dan tetap berdiri berdesakan tanpa jarak.

"Kita sudah berusaha agar tidak terjadi kerumunan. Sejak pagi sudah berusaha mencari formula, peserta yang divaksin dibagi per kapanewon tetapi tidak berhasil. Kami buat seperti antrean dengan kursi di luar yang lain satu pintu. Namun yang di luar untuk menjaga jarak juga susah," katanya, Sabtu (26/6/2021).

Vaksinasi sendiri ditargetkan mencapai 1.000 orang, tetapi ada tambahan 500 dosis vaksin. "Kami kewalahan membendung antusiasme warga," ucapnya.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Terbatas Tetap Dimulai Juli 2021

2. Tak menyangka antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi‎

Vaksinasi di Gunungkidul Diwarnai Kerumunan Warga   Kerumanan warga saat antri untuk mendapatkan vaksinasi di GOR Siono Gunungkidul. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasubbag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto mangaku tak menyangka antusiasme warga sangat tinggi untuk mendapatkan suntikan vaksin dalam rangkat HUT ke 75 Bhayangkara di Gor Siyono.

"Kami mohon maaf karena tidak semua warga yang hadir bisa mendapatkan suntikan vaksin karena pesertanya melampau target," ujarnya.

Awalnya target sasaran vaksin hanya 1.000 orang, tetapi yang datang hampir 2.000 orang. Akibatnya banyak masyarakat yang sudah terlanjur datang tidak bisa terlayani.

"Tanpa mengurangi rasa hormat dan terima kasih atas antusiasme warga. Terpaksa antrean harus kami bubarkan pukul 14.00 WIB," katanya.

3. Warga yang belum terlayani vaksin akan dijadwalkan lain hari‎

Vaksinasi di Gunungkidul Diwarnai Kerumunan Warga   Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Bagi masyarakat yang belum terlayani vaksinasi nantinya tetap dilayani dan untuk penjadwalan akan diinformasikan lebih lanjut.

"Yang sudah datang dan belum terlayani tetap akan dilayani vaksinasi," ucapnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya