Usai Dilantik sebagai Lurah, Durori Pulang Mengayuh Sepeda Onthel

Sebanyak 24 Lurah resmi dilantik Bupati Bantul 

Bantul, IDN Times - Sebanyak 24 Lurah yang terpilih dalam Pemilihan Lurah (Pilur)  maupun Pergantian Antarwaktu (PAW) di Kabupaten Bantul resmi dilantik oleh Bupati Bantul, Suharsono, di Gedung Induk Kompleks Pemkab Bantul, Rabu (30/12/2020). 

Ada momen unik usai acara pelantikan. Durori, Lurah Sendangsari, dijemput pendukung dan pulang menaiki sepeda onthel.

Baca Juga: 10 Lurah Petahana Kalah dalam Pilur Serentak di Bantul

1. Durori Lurah Sendangsari dijemput pendukung untuk pulang dengan sepeda ontel

Usai Dilantik sebagai Lurah, Durori Pulang Mengayuh Sepeda OnthelDurori resmi dilantik menjadi Lurah Sendangsari oleh Bupati Bantul Suharsono. IDN Times/Daruwaskita

Durori (34), Lurah Sendangsari, Kapanewon Pajangan, dibuat kaget dengan ulah pendukungnya. Mereka menjemput dirinya dengan sepeda ontel di Kompleks Pemda Bantul, meski diguyur hujan gerimis.

"Saya tadinya mau dijemput Pak Eko, saya pikir pakai mobil ternyata pakai sepeda ontel," kata Durori yang terpilih menjadi lurah termuda dalam Pilur di Bantul itu kepada awak media, Rabu.

Lurah yang pernah berprofesi sebagai sopir ini ini lantas melapisi celananya dengan celana jas hujan. Sementara, jas putih serta topi yang digunakan saat pelantikan tetap dipakai. Ia kemudian mengayuh sepedanya bersama rombongan menuju Balai Kalurahan Sendangsari yang jaraknya sekitar 10 kilometer.

"Saja jalan dulu mas, nanti ndak basah sampai Balai Kalurahan," kata Doruri sembari melambaikan tangan kepada awak media.

2. Doruri ingin wujudkan Kalurahan Sendangsari yang bersih, berbudaya, religius, sehat dan handarbeni

Usai Dilantik sebagai Lurah, Durori Pulang Mengayuh Sepeda OnthelDurori resmi dilantik menjadi Lurah Sendangsari oleh Bupati Bantul Suharsono. IDN Times/Daruwaskita

Sebelum pelantikan, Durori, yang akrab disapa Mas Lurah oleh awak media, mengatakan tak miliki modal banyak untuk maju menjadi calon lurah. Namun, berkat dukungan sahabat dan tim pemenangan serta masyarakat, ia akhirnya memenangkan Pilur di Kalurahan Sendangsari, mengalahkan lurah petahana.

"Yang muda bisa bersaing dengan yang tua dengan banyak pengalaman dan modal tentunya dan itu juga dilindungi oleh UU. Enam tahun ke depan saya ingin mewujudkan janji saya untuk menciptakan Sendangsari yang bersih, berbudaya, religius, sehat dan handarbeni," ujarnya.

"Saat saya memimpin kan masih masa recovery akibat pandemik sehingga apa yang akan saya kerjakan juga disesuaikan dengan kondisi yang saat ini sedang terjadi," ujarnya lagi.

3. Bermodal nol rupiah, Comer juga sukses tumbangkan Lurah petahana di Muntuk

Usai Dilantik sebagai Lurah, Durori Pulang Mengayuh Sepeda OnthelLurah Muntuk, Kapanewon Dlingo yang baru saja dilantik Marsudi alias Comer.IDN Times/Daruwaskita

Cerita menarik lain disampaikan oleh Marsudi alias Comer, Lurah Muntuk, Kapanewon Dlingo yang baru saja dilantik. Pria 40 tahun ini mengatakan, dirinya sama sekali tidak mengeluarkan biaya sejak dari pencalonan hingga terpilih.

Ia mengaku masyarakatlah yang bergotong royong membantu membiayai pertemuan warga maupun pembuatan alat peraga kampanye yang nilainya mencapai belasan juta rupiah.

"Saya maju menjadi calon lurah karena didorong oleh masyarakat dan masyarakat turut membantu pembiayaan seluruhnya. Saya itu (dalam) pertemuan dengan warga malah dibawain oleh-oleh rokok dan lain-lainnya. Saya tak pernah memberi apa-apa kepada masyarakat," ungkapnya.

Comer mengaku suara yang diperolehnya jauh melampaui suara calon lurah petahana. Padahal, menurutnya lurah petahana sangat kaya.

"Jadi masyarakat tidak lagi menerima serangan fajar, jika ada yang terima tetap saja yang memberi serangan fajar tidak dicoblos," ungkap pria yang selama beberapa tahun terakhir ini menjadi fasilitator program dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat, mulai dari aspirasi anggota DPRD I dan II hingga DPR RI ini.

"Dengan menjadi fasilitator tersebut warga percaya kepada saya bahwa saya bisa mengubah Kalurahan Muntuk jauh lebih maju jika saya pimpin," tambah Comer.

Baca Juga: 49 Lurah Terpilih Resmi Dilantik Bupati Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya