UMY Bakal Terapkan Sistem Kuliah Dari Rumah

UMY berencana bangun Universitas Satelit di Kulon Progo‎

Bantul. IDN Times-Menyongsong industri 4.0, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bakal menerapkan proses kuliah versi baru yang diberi nama 'Muhammadiyah Online University (MOU)'.

Dengan menerapkan MOU ini maka proses belajar mengajar dengan cara tatap muka hanya dilakukan 30 persen, sedangkan 70 persennya dengan cara online.

"MOU ini akan resmi dilaksanakan oleh UMY ditandai dengan launching MOU yang bersamaan dengan acara Milad Muhammadiyah 107 Tahun yang akan dilaksanakan pada Senin malam (18/11)," kata Rektor UMY, Gunawan Budiyanto di Kampus UMY, Sabtu (16/11).

Baca Juga: UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus Sehat

1. MOU ini memungkinkan mahasiswa bangun tidur langsung akses materi kuliah‎

UMY Bakal Terapkan Sistem Kuliah Dari RumahRektor UMY Gunawan Budiyanto (pegang mic) dalam acara jumpa pers Milad Muhammadiyah 107 di Kampus UMY, Sabtu (16/11). IDN Times/Daruwaskita

Dengan sistem pengajaran MOU, mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk mengikuti kuliah seperti pada umumnya. Sebagai gantinya materi perkuliahan dapat diakses dengan sistem online.

"Bahkan mahasiswa bisa membuka berbagai konten perpustakaan secara online sehingga memudahkan dalam mengerjakan seluruh tugas yang diberikan oleh dosen yang juga secara online pula," ungkapnya.

Dengan MOU ini para mahasiswa juga bisa belajar selama 24 jam, berbeda dengan kuliah konvensional yang diberikan dengan batasan waktu di ruang kuliah.

"Kita memang tidak bisa melakukan proses perkuliahan 100 persen secara online, karena Muhammadiyah masih punya tugas memberikan pendidikan karakter bagi mahasiswanya sehingga masih ada tatap muka seperti workshop ataupun kuliah umum," ungkapkan.

2. Terapkan MOU karena UMY sudah terakreditasi A‎

UMY Bakal Terapkan Sistem Kuliah Dari RumahKampus UMY. IDN Times/Humas dan Protokol UMY

Gunawan menjelaskan penerapan MOU sendiri oleh UMY tak lepas dari status akreditasi yang sudah meraih nilai A.

"Memang syarat memberikan proses kuliah dengan sistem online universitasnya harus berakreditasi A," tuturnya.

3. UMY akan bangun kampus satelit‎ di dekat Bandara YIA

UMY Bakal Terapkan Sistem Kuliah Dari RumahBandara YIA. IDN Times/Holy Kartika

Tak hanya ingin menerapkan MOU,  UMY juga berencana membuat kampus satelit yang lahannya sudah disiapkan tak jauh dari Bandara YIA. Rencananya kampus itu akan digunakan mahasiswa yang berasal dari luar kota. 

" Mahasiswa dari luar kota yang datang menggunakan pesawat, bisa turun ke YIA dan langsung menuju kampus satelit untuk mengikuti ujian dan jika ujian beberapa hari juga disiapkan hotel untuk menginap." 

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Tugas Kuliah Banyak itu Bermanfaat untuk Masa Depanmu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya