Turis Asal Prancis Terseret Gelombang di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terdapat banyak palung yang mematikan

Bantul, IDN Times - ‎Sebanyak dua wisatawan berasal dari Depok Jawa Barat dan Prancis,  nyaris terseret gelombang Pantai Parangtritis saat keduanya asyik mandi air laut. Beruntung kejadian tersebut langsung diketahui oleh Tim SAR yang secara memberikan pertolongan.

1. Wisatawan datang ke pantai dan langsung bermain air‎

Turis Asal Prancis Terseret Gelombang di Pantai ParangtritisWisatawan terseret gelombang di Pantai Parangtritis.(Dok SAR Satlinmas Wilayah 3 Bantul)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 3 Bantul, Arief Nugraha mengatakan kedua wisatawan yang terseret gelombang yakni Listyorini (32) warga Depok, Jawa Barat dan Piorre Francois (37) warga Prancis, keduanya datang ke Pantai Parangtritis sekitar pukul 11.30 WIB.

"Keduanya langung bermain air di pantai. Tanpa sadar ke daerah palung dan terseret gelombang ke tengah," katanya, Senin (20/2/2023).

2. Tim SAR langsung berenang ke arah wisatawan

Turis Asal Prancis Terseret Gelombang di Pantai ParangtritisIlustrasi kunjungan wisata ke Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Melihat kedua korban terseret gelombang, Tim SAR bersama petugas dari Dit Polairud Polda DIY melakukan operasi pertolongan. Para petugas langsung berenang menuju arah korban terseret gelombang. Beruntung keduanya dapat diraih dan dibawa ke pantai untuk diberikan pertolongan. "Keduanya dalam kondisi sehat dan selamat," ucapnya.

Baca Juga: Gelombang 4 Meter, Nelayan di Pantai Kawasan Bantul Nekat Melaut

3. Parangtritis terdapat palung yang sangat berbahaya

Turis Asal Prancis Terseret Gelombang di Pantai ParangtritisRambu bahaya palung di pantai selatan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Arief Nugraha meminta wisatawan melarang wisatawan tidak berenang di pantai, sebab karakter Pantai Parangtritis banyak terdapat palung yang mematikan. Pihaknya telah memasang memberi rambu daerah di daerah palung. 

"Kami minta wisatawan mematuhi himbauan dari petugas yang ada di lapangan. Seperti kejadian hari ini, senang main di air namun tidak pandai berenang akhirnya terseret gelombang," ungkapnya.

Baca Juga: 9 Potret Zaskia dan Shireen Sungkar Berkuda di Pantai Parangtritis

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya