Tunggu Pengesahan, Damkar akan Menjadi Dinas Tersendiri

Pemkab Bantul siap bentuk Dinas Damkar dan Penyelamatan

Bantul, IDN Times - ‎Kementrian Dalam Negeri, memutuskan Dinas Pemadam Kebakaran akan menjadi dinas tersendiri, bernama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Hal tersebut disampaikan Mendagri Tito Karnavian, usai menjadi inspektur upacara peringatan 101 tahun Damkar di Stadiun Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Minggu (1/3).

Baca Juga: Pemadam Kebakaran Ini Manfaatkan TikTok untuk Semangati Anak Buahnya

1. Payung hukum pembentukan Dinas Damkar dan Penyelamatan sudah di Kemenkum HAM

Tunggu Pengesahan, Damkar akan Menjadi Dinas TersendiriPetugas Damkar memperagakan tarian pemadam kebakaran dengan air yang berwarna-warni. IDN Times/Daruwaskita

Menurut mantan Kapolri, nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, sedang digodok di Kementerian Hukum dan HAM. Dalam waktu satu tahun akan segera disahkan. 

"Paling lama satu tahun pasca diundangkan, gubernur, bupati dan wali kota bisa membentuk Dinas Kebakaran dan Penyelamatan," ujarnya.

2. Citra Damkar sebagai penyelamat belum melekat di masyarakat‎

Tunggu Pengesahan, Damkar akan Menjadi Dinas TersendiriMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. IDN Times/Daruwaskita

Dengan adanya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, maka Damkar akan semakin kuat dari sisi kelembagaan, kuantitas, dan kualitas sumber daya manusia. adanya dinas baru,  berarti perlu adanya modernisasi sarana dan prasarana dalam menunjang tugas keseharian.

"Pasti dengan adanya dinas sendiri juga butuh sumber daya manusia yang berkualitas ditunjang dengan modernisasi sarana dan prasarana," ungkapnya.

Tito mengatakan, bukan hal yang mudah bagi Damkar untuk bertahan sebagai organisasi yang sudah berusia 101 tahu. Apalagi saat ini citra Damkar lebih banyak diingat sebagai pemadam kebakaran. 

"Saat banyak masyarakat yang minta tolong agar membantu menyelamatkan kucing yang naik ke pohon namun tidak bisa turun. Masyarakat itu telponnya ke Damkar bukan yang lainnya. Jadi peran penyelamatan ini yang harus terus ditanamkan di masyarakat bukan hanya pemadam kebakaran," terangnya.

3. Pemkab Bantul siap bentuk Dinas Damkar dan Penyelamatan ketika payung hukum sudah keluar‎

Tunggu Pengesahan, Damkar akan Menjadi Dinas TersendiriSekda Bantul Helmi Jamharis (tengah). IDN Times/Daruwaskita

Sekda Bantul, Helmi Jamharis menyambut baik rencana Mendagri menjadikan Damkar sebagai dinas tersendiri. Secara jumlah personil dan peralatan yang ada, Damkar yang kini berada di bawah BPBD, siap dijadikan dinas tersendiri.

"Jadi kami menunggu aturan dari Mendagri keluar. Ketika sudah ada payung hukum maka Pemkab Bantul akan melaksanakan pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan," katanya.‎

Baca Juga: [FOTO]Mengharukan Potret Petugas Pemadam Kebakaran Hutan di Kalimantan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya