Totok Sudarto Akan Daftar Jadi Balon Wakil Bupati Bantul Lewat Golkar

Rencananya Golkar dan Gerindra akan berkoalisi dalam Pilkada

Bantul, IDN Times - ‎DPD II Partai Golkar resmi membuka pendaftaran bakal calon (balon) wakil kepala daerah untuk Pilkada Bantul 2020 pada tanggal 2-5 Februari 2020 yang akan datang.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bantul, Totok Sudarto yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat pendamping balon bupati petahana mengaku siap mendaftar.

Baca Juga: Realistis, Golkar Bantul Hanya Buka Pendaftaran Balon Wakil Bupati

1. Totok Sudarto akan mendaftar sebagai balon wakil bupati

Totok Sudarto Akan Daftar Jadi Balon Wakil Bupati Bantul Lewat GolkarKetua DPD II Golkar Bantul, Paidi. IDN Times/Daruwaskita

Totok mengaku optimistis maju lewat Golkar pada Pilkada Bantul 2020 mendatang. Untuk itu, dia perlu melengkapi sejumlah persyaratan untuk maju sebagai balon wakil bupati.

"Karena saya nantinya akan diusung oleh Partai Golkar, salah satu, kan harus melengkapi persyaratan. Saya akan ikuti prosedur dan persyaratan untuk mendaftar bakal calon wakil bupati. Kan Golkar hanya membuka wakil bupati," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (28/1).

2. Totok sebut Partai Golkar Bantul realistis

Totok Sudarto Akan Daftar Jadi Balon Wakil Bupati Bantul Lewat GolkarMantan Asek III Bidang Sumberdaya dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Pemkab Bantul (tengah), Totok Sudarto. IDN Times/Istimewa

Totok mengatakan Golkar Bantul sangat realistis sehingga hanya membuka pendaftaran untuk bakal calon wakil bupati karena hanya memiliki 5 kursi di DPRD Bantul.

"Kalau Golkar punya 9 kursi bahkan 11 kursi mungkin akan membuka pendaftaran bakal calon bupati Bantul," ujarnya.

Lebih jauh Totok mengatakan jika nantinya memperoleh rekomendasi dari Golkar sebagai wakil bupati, maka Golkar akan berkoalisi dengan Gerindra Bantul untuk mendampingi balon bupati petahana Suharsono.

"Jadi betul, kan di Bantul hanya ada 1 parpol yang bisa mengusung sendiri paslon, sehingga nantinya Golkar akan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan juga partai lainnya sebagai partai pendukung," katanya.

3. Bakal mendaftar pada 3 Februari 2020 mendatang‎

Totok Sudarto Akan Daftar Jadi Balon Wakil Bupati Bantul Lewat GolkarKantor DPD II Golkar Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Totok mengaku akan datang ke DPD Partai Golkar Bantul untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati pada 3 Februari 2020.

"Ya nanti tanggal 3 saya mendaftarnya," terangnya.

Totok Sudarto merupakan kandidat bakal calon wakil bupati yang digadang-gadang akan mendamping bupati petahana Bantul sebagai balon wakil bupati Bantul. Sejumlah parpol di Bantul seperti Partai Demokrat dan Nasdem juga menyatakan akan mendukung Suharsono meski yang nanti mendampingi Suharsono bukan dari kader Partai Demokrat ataupun Nasdem.‎

Baca Juga: 4 Partai Godok Pembentukan Poros Baru untuk Pilkada Bantul 2020

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya