Comscore Tracker

Tim Dalwasgakum Gunungkidul Bubarkan Pentas Wayang Kulit

Ratusan penonton akhirnya membubarkan diri 

Gunungkidul, IDN Times - ‎Pagelaran wayang kulit yang berlangsung di Balai Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (22/8/2021) dibubarkan oleh Tim Pengendalian Pengawasan Penegakan Hukum (Dalwasgakum) Kabupaten Gunungkidul. Pembubaran disebabkan acara tidak berizin dan masih dalam masa PPKM Level 4.

1. Tim bergerak setelah terima laporan adanya pentas wayang kulit‎

Tim Dalwasgakum Gunungkidul Bubarkan Pentas Wayang Kulit‎Pagelaran Wayang Kulit yang berlangsung di Balai Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (22/8/2021) dibubarkan oleh Tim Pengendalian Pengawasan Penegakan Hukum (Dalwasgakum) Kabupaten Gunungkidul.(doc.istimewa)

Kepala Bidang Penegakan Perda, Satpol PP, Gunungkidul, Sugito mengatakan pagelaran wayang kulit diadakan oleh satu warga perantauan dari Bali pada Minggu (22/8/2021) malam. Mendapatkan informasi tersebut, tim kemudian bergerak ke lokasi pagelaran wayang kulit.

"Jadi ada satu warga yang menggelar syukuran, bukan ruwatan karena wayangan ruwatan beda dengan wayang biasa,"katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (23/8/2021).

Baca Juga: Paskibraka Gunungkidul yang Positif COVID-19 Jadi 23 Orang

2. Pentas wayang kulit baru saja dimulai langsung dibubarkan‎

Tim Dalwasgakum Gunungkidul Bubarkan Pentas Wayang KulitPetugas bernegosiasi dengan pemilik hajatan untuk segera menghentikan pertunjukan wayang kulit.(doc.istimewa)

Setelah tim melakukan negosiasi akhirnya wayang kulit yang baru saja dimulai akhirnya dihentikan. Ratusan penonton yang datang akhirnya membubarkan diri.  "Ya mungkin karena warga haus hiburan sehingga ratusan yang datang," ujarnya.

Terkait perizinan pentas wayang kulit di Balai Kalurahan, Sugito menjelaskan jika lurah sudah mengajukan izin ke Kapanewon Playen namun izin tidak diberikan.

"Izin jelas tidak diberikan karena masih masa PPKM Level 4," terangnya.

3. Satgas COVID-19 kapanewon tak keluarkan izin pentas wayang kulit‎

Tim Dalwasgakum Gunungkidul Bubarkan Pentas Wayang KulitIlustrasi pentas wayang kulit.kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sementara Panewu Playen, Setyawan Indriyanto menegaskan pihaknya sama sekali tidak mengeluarkan izin pagelaran wayang kulit karena sedang masa PPKM Level 4.

"Tidak ada izin, jika mengajukan akan kita tolak," ujarnya.

Pihaknya justru berharap masyarakat untuk lebih bersabar dan mematuhi peraturan yang berlaku karena tidak boleh menggelar acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Ya bersabar dan taati aturan yang ada," tuturnya.‎

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya