Tiga Pedagang Positif COVID-19, Dua Pasar di Bantul Ditutup  

Penutupan Pasar Sungapan dan Soroboyan selama tiga hari

Bantul, IDN Times - Mulai tanggal 10 Juli hingga 12 Juli 2020, dua pasar di Kabupaten Bantul ditutup selama tiga hari. Penutupan dilakukan setelah tiga pedagang berdasarkan hasil laboratorium positif terpapar virus corona.  

Dua pasar yang ditutup adalah Pasar Sungapan yang terletak di  Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu dan Pasar Sorobayan di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden.

Baca Juga: Ngaku Sakit, Puluhan Pedagang Pasar di Bantul Mangkir saat Rapid Test

1. Tiga pedagang Pasar Sungapan dan Soroboyan positif COVID-19‎

Tiga Pedagang Positif COVID-19, Dua Pasar di Bantul Ditutup  juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19, Pemkab Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa. IDN Times/Daruwaskita

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19, dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan tiga pedagang pasar yang reaktif yakni dua pedagang di Pasar Sungapan dan satu pedagang Pasar Soroboyan.

"Hari ini keluar hasil swabnya yakni positif setelah sebelumnya dinyatakan reaktif saat rapid test," kata Oki panggilan akrab dr. Sri Wahyu Joko Santosa, Kamis (9/7/2020).

2. Pasar ditutup sementara selama tiga hari, petugas puskesmas tracing keluarga positif COVID-19

Tiga Pedagang Positif COVID-19, Dua Pasar di Bantul Ditutup  Ilustrasi penyemprotan disinfektan pasar tradisional. IDN Times/Candra Irawan

Dinas Kesehatan Bantul memberikan surat kepada Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul untuk melakukan penutupan dua pasar tersebut selama tiga hari terhitung mulai tanggal 10 Juli hingga 12 Juli 2020.

"Pasar Sungapan dan Sorobayan sementara tutup selama tiga hari untuk sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan," ungkapnya.

Oki juga mengaku sampai saat ini belum mengetahui riwayat pasti penularan tiga pedagang karena sebagai pedagang melakukan interaksi banyak dengan orang. 

"Ya kita menyasar kepada keluarga yang berpotensi melakukan kontak erat untuk segera dilakukan uji swab. Sementara untuk pedagang pasar lainnya kan sudah menjalani rapid test. Bagi yang non reaktif akan kita tunggu hasilnya saat rapid test kedua mendatang," terangnya

3. Dinas Perdagangan Bantul keluarkan surat pemberitahuan penutupan pasar‎

Tiga Pedagang Positif COVID-19, Dua Pasar di Bantul Ditutup  Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta. IDN Times/Daruwaskita

Saat dikonfirmasi Dinas Perdagangan Bantul telah mengeluarkan surat pemberitahuan penutupan pasar yang ditujukan kepada pengelola pasar. 

"Sudah disampaikan kepada pengelola pasar untuk penutupan Pasar Sungapan," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta.

Baca Juga: BPPTKG Sebut Merapi Mengalami Deformasi 0,5 Cm Per Hari 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya