Terseret Arus Sungai di Pantai Glagah, Wisatawan Tewas

Satu orang lagi masih belum ditemukan

Kulon Progo, IDN Times - ‎Empat wisatawan dari Boyolali, Jawa Tengah, terseret arus Sungai Serang di kawasan objek wisata Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo. Akibatnya satu korban meninggal dan satu dinyatakan hilang, sedangkan dua lainnya selamat.

"Ada empat wisatawan yang terseret arus Sungai Serang, satu korban meninggal, satu hilang dan dua korban selamat dan dilarikan ke RS Riski Amalia Medika Temon," kata Koordinator Sarsatlinmas Wilayah V, Kulon Progo, Aris Widyatmoko, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Wisatawan dari Brebes Tenggelam dan Hilang di Pantai Parangtritis

1. Seluruh korban merupakan wisatawan asal Boyolali‎

Terseret Arus Sungai di Pantai Glagah, Wisatawan TewasIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Aris korban yang meninggal yakni Fatih Deandra Auliaska (16), dua korban selamat Ismadi (47) dan Zulfa Ulil Abas (16). Sementara, yang masih hilang dan kini dalam pencarian adalah Radinka Putri (9).

"Seluruh korban adalah warga Nusuk, Boyolali, Jawa Tengah dan masih ada hubungan keluarga," ujarnya.

2. Kronologi empat wisatawan terseret arus sungai Serang‎

Terseret Arus Sungai di Pantai Glagah, Wisatawan Tewasilustrasi orang tenggelam (pixabay.com/tumisu)

Peristiwa yang menimpa empat wisatawan asal Boyolali berawal saat korban bersama rombongan yang berjumlah 15 orang tiba di Pantai Glagah. Kemudian mereka bermain air di sekitar muara Sunga Serang. Empat korban bahkan sempat bermain di sisi timur sungai dengan menyeberang sungai yang waktu itu masih dangkal.

Saat menyeberang sungai, warga sudah mengingatkan air pasang akan segera terjadi karena gelombang mulai pasang. Namun para korban tetap nekat bermain air di sungai. Musibah berawal saat mereka berusaha menyeberang ke sisi barat sungai dan tidak bisa berenang.

"Saat kembali ke sisi barat ini arus sudah deras dan sungai menjadi dalam," terangnya.

Melihat kejadian tersebut, warga dan tim berusaha memberikan pertolongan namun hanya dua korban yang berhasil diselamatkan. Sedangkan satu korban ditemukan meninggal dan satu lagi hilang.

"Kami masih berusaha mencari satu korban yang sampai saat ini belum ditemukan," katanya.

3. Tim SAR masih melakukan pencarian

Terseret Arus Sungai di Pantai Glagah, Wisatawan TewasPencarian korban laka di Sungai Serang, Pantai Glagah Kulon Progo. (Dok. Basarnas Yogyakarta)

Pencarian dilakukan oleh tim gabungan dari Sar, TNI dan Polri, relawan serta warga. Namun hingga malam, upaya penyisiran di sungai Serang tak membuahkan hasil.

Saat berita ini diturunkan, Kamis (6/1/2022) pagi, tim gabungan kembali melakukan penyisiran untuk menemukan korban yang masih hilang.‎

Baca Juga: Mayat Bayi Berusia 1 Hari, Dikubur di Dapur Warga Kulon Progo 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya