Sekda Bantul: Hoaks, Warga Meninggal Dunia Digigit Anjing Rabies

Kabupaten Bantul bebas penyakit rabies

Bantul, IDN Times - Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis angkat bicara mengenai dugaan warga meninggal dunia karena digigit anjing yang berpenyakit rabies. Helmi menyatakan informasi tersebut tidak benar.

Kepada awak media, Helmi menceritakan kejadian berawal ketika anjing milik Sukirjo warga Dusun Kaligondang, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro menggigit dua orang. Korban bernaa  Yusnita Jarmisi warga Dusun Gersik, Desa Sumbermulyo yang berprofesi sebagai pedagang di sekitar Gereja Ganjuran. Satu lagi korban lainnya bernama Agnes Kristianti asal Surabaya.

"Kejadian itu terjadi pada Jumat malam (24/1), keduanya langsung ditangani oleh RS Elisabeth Ganjuran dan langsung diperbolehkan pulang. Namun tidak ada indikasi anjing yang menggigit terpapar rabies," katanya, Senin (27/1).

Baca Juga: DPRD Bantul Ingin Pantai Depok Dikembangkan Seperti Jimbaran Bali

1. Kabar warga Bantul meninggal akibat digigit anjing rabies ramai di media sosial‎

Sekda Bantul: Hoaks, Warga Meninggal Dunia Digigit Anjing RabiesSekda Bantul Helmi Jamharis (tengah). IDN Times/Daruwaskita

Helmi mengatakan setelah Yusnita pulang dari rumah sakit keesokan harinya sekitar pukul 07.00 WIB, Yusnita meninggal dunia. Dari pihak pemilik anjing dan keluarga Yusnita saling memahami bahwa itu sudah merupakan takdir hidup. 

"Tapi yang justru beredar di luar melalui medsos justru menyatakan almarhumah meninggal akibat digigit anjing yang terjangkit rabies," ucapnya.

2. Penyebab Yusnita meinggal dunia diduga kuat karena penyakit hipertensi‎

Sekda Bantul: Hoaks, Warga Meninggal Dunia Digigit Anjing Rabieshttps://haluanews.com

Berdasarkan hasil diagnosa dari rumah sakit menyatakan almarhumah saat di rumah sakit menunjukkan tekanan darah mencapai 210/130.

"Kalau digigit anjing yang terpapar rabies biasanya masa inkubasi hingga 14 hari. Tidak mungkin digigit anjing yang terpapar rabies langsung meninggal dunia dalam rentang waktu kurang 12 jam," tambah Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja.

3. Bantul daerah bebas rabies‎

Sekda Bantul: Hoaks, Warga Meninggal Dunia Digigit Anjing RabiesKepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP), Joko Waluyo.IDN Times/Daruwaskita

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Pangan, Keluatan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul, Joko Waluyo menegaskan bahwa Bantul merupakan daerah yang bebas rabies atau bukan daerah endemis sehingga anjing peliharaan warga Bantul bebas dari rabies.

"Tidak ada kasus temuan anjing terpapar rabies dan menggigit orang," terangnya.‎

Baca Juga: Wabah Virus Corona 5 Mahasiswa UII Tertahan di Kota Nanjing, Tiongkok 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya