Seekor Penyu Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Parangkusumo

Bangkai penyu langsung dikubur

Bantul, IDN Times - ‎Seekor penyu jenis lekang ditemukan mati terdampar di sisi barat Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul pada Rabu (22/3/2023) sore. 

Penyu yang ditemukan dalam kondisi perut sudah terburai tersebut langsung dikubur oleh anggota SAR Satlinmas Wilayah III Bantul dan personel Dirtpolairud Polda DIY yang sedang melakukan piket pengamanan tradisi Padusan di Pantai Parangtritis.

1. Warga melaporkan temuan penyu terdampar

Seekor Penyu Ditemukan Mati Terdampar di Pantai ParangkusumoIlustrasi penyu yang ditemukan mati langsung dikubur. (IDN Times/Istimewa)

Anggota Ditpolairud Polda DIY, Bripka Asri Purnomo, mengatakan penemuan penyu berawal dari informasi dari warga yang melihat penyu dalam kondisi mati terdampar di sisi barat Pantai Parangkusumo atau Kali Mati. Selanjutnya bersama dengan anggota SAR Satlinmas, pihaknya mendatangi lokasi ditemukannya penyu dalam kondisi mati.

"Saat kita datangi lokasi memang atau penyu yang sudah kondisi mati dan posisinya telungkup," ujarnya, Rabu (22/3/2023).

2. Isi dari perut penyu sudah terburai

Seekor Penyu Ditemukan Mati Terdampar di Pantai ParangkusumoIlustrasi seekor penyu ditemukan mati di pantai. (IDN Times/Istimewa)

Menurut Asri, pada bagian kepala leher dan kaki serta tempurung penyu tidak terdapat luka maupun mulutnya tidak memakan plastik. Namun, isi perut penyu tersebut sudah terburai di sekitar penyu ditemukan.

"Mungkin sudah mati beberapa hari di laut kemudian terbawa gelombang ke tepian pantai," ungkapnya.

Orang setempat, kata Asri, menyebut penyu tersebut jenis penyu lekang dengan panjang hampir 140 sentimeter dan lebar hampir satu meter. 

"Memang ukuran penyu cukup besar, namun untuk usianya saya kurang tahu," jelasnya.

Baca Juga: Tradisi Padusan, Ribuan Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis

3. BKSDA DIY minta penyu segera untuk dikubur‎

Seekor Penyu Ditemukan Mati Terdampar di Pantai ParangkusumoSeekor penyu ditemukan mati terdampar di Pantai Parangkusumo, Rabu (22/3/2023). (Dok. Ditpolairud Polda DIY)

Setelah berkoordinasi dengan BKSDA DIY, didapatkan keterangan agar penyu tersebut untuk segera dikuburkan dan di lokasi kuburan penyu diberi tanda tertentu.

"Karena ini kan lokasi wisata, nanti bisa menyebarkan bau bangkai sehingga oleh BKSDA DIY minta untuk segera dikubur," tutup Asri.‎

Baca Juga: Pelajar Asal Sragen Terseret Gelombang Pantai Parangtritis

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya