Sebelum Ujian, Pelajar SMK di Gunungkidul Diperiksa Suhu Tubuhnya

Alat komputer hingga meja dan kursi juga disterilkan

Gunungkidul, IDN Times - Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) hari pertama, Senin (16/3) telah dijalani. Namun ada yang berbeda dibanding pelaksanaan UNBK tahun sebelumnya, siswa peserta ujian sebelum masuk ruangan diperiksa suhu badannya dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Sedangkan alat yang digunakan untuk UNBK juga dilakukan sterilisasi dengan disinfektan. 

Baca Juga: Rumah Sakit Mulai Tiadakan Jam Besuk Pasien Rawat Inap

1. 94 pelajar SMK Kesehatan Wonosari Gunungkidul ikuti UNBK‎

Sebelum Ujian, Pelajar SMK di Gunungkidul Diperiksa Suhu TubuhnyaSiswa SMK di Aceh saat mengikuti UNBK di hari pertama (IDN Times/Saifullah)

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Kesehatan Wonosari, Gunungkidul, Dewi Suryaningrat mengatakan, pemeriksaan tersebut disesuaikan dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), tentang siswa pasca munculnya kasus COVID-19. Sebanyak 94 pelajar akan mengikuti UNBK hingga hari Kamis (19/3) yang akan datang.

"Kita akan bagi dalam 3 sesi mengingat keterbatasan laboratorium komputernya," katanya, Senin (16/3).

2. Siswa yang kedapatan demam dan flu dilakukan tindakan lebih lanjut‎

Sebelum Ujian, Pelajar SMK di Gunungkidul Diperiksa Suhu TubuhnyaUNBK di SMK N 2 Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurutnya jika dalam pemeriksaan ditemukan siswa yang menunjukkan gejala sakit seperti demam, dan flu maka akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Sekolah juga membersihkan alat yang digunakan untuk ujian yakni komputer, mulai dari keyboard bahkan sampai kursi dan meja yang digunakan oleh pelajar dengan disinfektan," tuturnya.

3. Jelang UNBK ada siswi yang resah COVID-19 sampai ke Gunungkidul‎

Sebelum Ujian, Pelajar SMK di Gunungkidul Diperiksa Suhu Tubuhnyagunungkidulkab.go.id

Salah seorang peserta UNBK, Seli Anggraini mengatakan adanya wabah COVID-19 sempat mengganggu konsentrasi belajarnya. Pasalnya dirinya takut virus dari Wuhan Tiongkok itu akan menyebar sampai Gunungkidul.

"Sedikit terganggu, rasa cemas pasti ada. Apalagi di Yogyakarta sudah ada yang positif COVID-19. Tadi sebelum masuk ruang ujian sudah dilakukan tes suhu badan dan melakukan 6 langkah cuci tangan," ujarnya.‎

Baca Juga: Ilustrasi Zodiak Menghadapi Ujian, Siapa yang Paling Sering Panik ? 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya