[VIRAL] Sampah Plastik Terbang hingga ke Rumah Warga

Hujan sampah selalu terjadi di musim kemarau

Bantul, IDN Times - Sebuah video tentang sampah plastik dan kertas yang bertebaran dibawa angin kencang tersebar di media sosial.

Di video tersebut tampak sampah yang berawal dari Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Piyungan Bantul ini, membumbung tinggi hingga sampai ke rumah warga di sekitar TPST Piyungan.  

1. Benarkan sampah plastik dan kertas sampai ke rumah warga dibawa angin‎

[VIRAL] Sampah Plastik Terbang hingga ke Rumah WargaIDN Times/Daruwaskita

Ketua Pemulung di TPST Piyungan, Maryono tak membantah adanya sampah plastik dan kertas yang berterbangan diterjang angin kencang hingga ke rumah warga di sekitar kawasan TPST Piyungan.

"Benar itu mas, sudah lama. Sejak musim kemarau dan angin kencang pasti sampah beterbangan dan sampai ke rumah warga di sekitar TPST Piyungan," katanya saat dihubungi IDN Times, Senin (2/9).

2. Dusun Bawuran Pleret dan Dusun Ngablak Sitimulyo yang paling terdampak

[VIRAL] Sampah Plastik Terbang hingga ke Rumah WargaIDN Times/Daruwaskita

Daerah yang terdampak parah akibat sampah plastik dan kertas yang beterbangan adalah warga di RT 6 Dusun Bawuran Pleret dan warga di RT 3 di Dusun Ngablak, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan.

"Dua wilayah itu yang setiap hari dapat kiriman sampah plastik dan kertas dari langit," katanya

3. Seharusnya sampah ditimbun dengan tanah

[VIRAL] Sampah Plastik Terbang hingga ke Rumah WargaIDN Times/Daruwaskita

Daerah TPST Piyungan di sisi timur yang berbukit menyebabkan angin berbalik ke barat dan membawa berbagai sampah plastik dan kertas sampai ke rumah warga bahkan sampai ke warung makan yang ada di Dusun Ngablak disisi selatan TPST Piyungan.

"Jadi seharusnya kan, sampah itu ditimbun tanah namun karena timbunannya tidak padat maka sampah plastik dan kertas terbang diterjang angin," tuturnya.

Baca Juga: Serba-serbi Pelantikan DPRD DIY: Nazar Gowes hingga Pulang Jalan Kaki

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya