Salah Satu Partai Poros Tengah Akan Merapat ke Gerindra-Nasdem

Partai manakah yang akan menyeberang dari poros tengah?

Bantul, IDN Times - ‎Partai Gerindra dan Nasdemtelah menyatakan berkoalisi dan siap mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Suharsono-TotokSudarto.

Kini giliran poros tengah yang digagas oleh PAN, PPP, PKS dan Partai Demokrat yang goyah. Salah satu partai penggagasnya disebutkan akan merapat ke koalisi Gerindra dan Nasdem.

Baca Juga: Gerindra dan Nasdem Koalisi di Pilkada Bantul

1. Tinggal selangkah lagi bergabung

Salah Satu Partai Poros Tengah Akan Merapat ke Gerindra-NasdemBakal calon bupati Bantul Suharsono. IDN Times/Daruwaskita

Ketua DPC Gerindra Bantul sekaligus bakal calon bupati Bantul, Suharsono tak menampik jika ada partai penggagas poros tengah akan merapat ke koalisi Gerindra dan Nasdem.

"Ya tinggal selangkah lagi partai itu akan merapat," kata Suharsono yang enggan menyebut nama partainya, Sabtu (14/3).

2. Sudah melakukan pertemuan dengan pengurus partai hingga anggota di DPRD Bantul‎

Salah Satu Partai Poros Tengah Akan Merapat ke Gerindra-NasdemIDN Times/Daruwaskita

Bupati Bantul petahana ini mengatakan pimpinan partai, pengurus struktural dan anggota DPRD Bantul dari partai yang akan bergabung dengan koalisi Gerindra dan Nasdem sudah melakukan pertemuan dengan dirinya dan jajaran pengurus DPC Gerindra Bantul.

"Sudah bertemu dan sudah ada komitmen dan siap menjadi partai pengusung bukan hanya pendukung," ucapnya.

3. Gerindra Bantul incar koalisi gemuk di Pilkada Bantul

Salah Satu Partai Poros Tengah Akan Merapat ke Gerindra-NasdemSekretaris DPC Partai Gerindra Bantul Darwinto. IDN Times /Daruwaskita

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan setelah satu partai penggagas poros tengah, Gerindra juga melakukan komunikasi intensif dengan partai yang tergabung dengan poros tengah agar merapat ke koalisi Gerindra dan Nasdem.

"Kita ingin koalisi gemuk di Pilkada Bantul. Saya optimis poros tengah tidak akan terwujud," katanya.

4. PPP Bantul akan rasional dan realistis dalam mengusung paslon bupati dan wakil bupati‎

Salah Satu Partai Poros Tengah Akan Merapat ke Gerindra-NasdemKetua DPW PPP DIY, Amin Zakaria. IDN Times/Istimewa

Sementara Ketua DPW PPP DIY, Amin Zakaria mengatakan partai yang akan bergabung dengan koalisi Gerindra dan Nasdem sudah dapat ditebak karena manuver politiknya sudah terlihat dari awal.

"Saya tidak bodoh-bodoh amat dan sudah saya prediksi pasti partai itu akan meloncat dari poros tengah," ujarnya.

Amin yang juga praktisi hukum ini menyatakan PPP sendiri sampai saat ini belum menentukan akan mendukung dua kandidat yang akan bersaing dalam Pilkada Bantul ataupun justru mengusung paslon yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat Bantul untuk memimpin 5 tahun ke depan.

"Yang jelas PPP akan rasional dan realistis. Calon bupati yang bisa memberikan kehormatan bagi PPP dan memenangkan pilkada di Bantul pasti akan didukung PPP," ucapnya.

Amin menyatakan akan memberikan kewenangan penuh kepada pengurus DPC PPP Bantul untuk berkoalisi dengan Gerindra-Nasdem atau PDIP-PKB. Keputusan itu harus diambil berdasarkan berbagai pertimbangan rasional dan juga didukung oleh stakeholder PPP mulai dari pengurus DPC PPP, laskar hingga anggota DPRD Bantul dari PPP.

"Ketika semua sudah solid menentukan pilihan tentunya DPW PPP juga akan mendukungnya," tegasnya.‎

Baca Juga: Pilkada Bantul 2020, Demokrat Merapat ke Poros Tengah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya