Comscore Tracker

Sah, Halim-Joko jadi Bupati-Wakil Bupati Bantul Terpilih

Keduanya akan dilantik pada 17 Februari

Bantul, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bantul dalam Pilkada Serentak 2020. 

Rapat pleno penetapan paslon terpilih ini juga dihadiri oleh Forkopimda, perwakilan KPU DIY, Bawaslu Bantul, partai pengusung paslon nomor urut 1 dan nomor urut 2 serta paslon nomor urut 1, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo. Sedangkan paslon nomor urut 2, Suharsono dan Totok Sudarto tidak hadir dan sudah meminta izin sebelumnya.

Baca Juga: Sah! Halim-Joko Menangkan Pilkada Bantul 2020

1. KPU Bantul tetapkan Halim-Joko sebagai bupati dan wakil bupati terpilih

Sah, Halim-Joko jadi Bupati-Wakil Bupati Bantul TerpilihRapat pleno penetapan paslon terpilih pilkada Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Dalam rapat pleno penetapan paslon terpilih ini, KPU Bantul secara resmi menetapkan pasangan calon urut nomor 1, Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo sebagai bupati dan wakil bupati Bantul terpilih dalam Pilkada Serentak 2020.

"Penetapan calon terpilih setelah diterimanya pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi tidak adanya sengketa yang diajukan paslon dalam penyelenggaraan pilkada serentak," ujar Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, Jumat, (22/1/2021).

Didik mengaku setelah rapat pleno penetapan pihaknya akan segera mengirimkan surat penetapan suara terbanyak pilkada serentak dan paslon terpilih kepada DPRD Bantul untuk melakukan sidang paripurna dengan agenda pengangkatan dan pemberhentian bupati dan wakil bupati Bantul.

"Untuk pelantikan akan dilakukan secara serentak pada tanggal 17 Februari 2021," katanya.

2. Apresiasi partisipasi pemilih masyarakat Bantul tertinggi di DIY

Sah, Halim-Joko jadi Bupati-Wakil Bupati Bantul TerpilihIDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara calon bupati Bantul terpilih, Abdul Halim Muslih mengatakan berterimakasih kepada KPU yang telah melaksanakan tahapan pilkada secara baik hingga proses penetapan paslon terpilih. Selain itu dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada pihak lain yang mensukseskan pilkada.

"Apresiasi kepada masyarakat Bantul yang tinggi partisipasinya dalam pilkada serentak bahkan tertinggi di DIY," kata Halim yang juga wakil bupati Bantul ini.

Terkait dengan rencana kerja usai dilantik pada 17 Februari 2021, Halim mengatakan akan mematangkan konsep visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

"Persiapan bagaimana bantuan per dusun hingga Rp50 juta bisa segera terwujud," tambah calon wakil bupati Bantul terpilih Joko Purnomo.

3. Partai pengusung paslon nomor urut 2 siap mendukung pemerintahan Halim-Joko

Sah, Halim-Joko jadi Bupati-Wakil Bupati Bantul TerpilihSekretaris Tim Pemenangan Paslon Pilkada Bantul Nomor Urut 2, Darwinto. IDN Times /Daruwaskita

Sementara anggota tim pemenangan paslon nomor urut 2, Suharsono-Totok Sudarto yang juga sekretaris DPC Partai Gerindra Darwinto mengatakan rakyat telah memberikan mandat kepada paslon nomor urut 1 dan harus dihormati.

"Kita legawa dengan kekalahan paslon 1 dan kita siap bekerja sama untuk membangun Bantul lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera," ujarnya.

Partai Gerindra yang memiliki delapan kursi siap untuk bekerja sama dengan pemerintahan Halim-Joko dan program yang sudah baik tetap dilanjutkan.

"Kita juga siap memberikan kritikan jika ada program yang tidak pro dengan rakyat," ucapnya.

Baca Juga: 13 Kapanewon di Bantul Justru Masuk Zona Merah saat PTKM Diberlakukan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya