Rusak Ambulans yang Melintas, Pria Asal Bantul Ngaku Termakan Isu

Unyil juga sempat menghalangi laju ambulans dengan motornya

Bantul, IDN Times - ‎Pelaku perusakan mobil ambulans di Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul pada Selasa (13/7/2021) malam, telah ditangkap oleh aparat kepolisian. IZ alias Unyil (28) warga Srimartani, Piyungan, Bantul, merusak ambulans milik SAR DIY yang tengah mengangkut pasien.

Baca Juga: Dua Bulan Terakhir, 15 Warga Bantul Meninggal Saat Isoman

1. Sebelum merusak ambulans, pelaku dengan sepeda motornya berjalan zig-zag‎

Rusak Ambulans yang Melintas, Pria Asal Bantul Ngaku Termakan IsuKapolres Bantul, AKBP Ihsan. (IDN Times/Daruwaskita)

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan kejadian perusakan ambulans itu berawal ketika sopir ambulans, AA (27), warga Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, mengendarai ambulans dengan nomor polisi K 8489 ZA bersama dua orang saksi pada Selasa (13/7) petang. Ambulans yang membawa pasien suspek COVID-19 tersebut melintas di jalan Yogyakarta-Wonosari, tepatnya dari arah Barat menuju Timur.

"Saat di depan Polsek Piyungan, mobil ambulans disalip sepeda motor yang dinaiki berboncengan. Selanjutnya sepeda motor berjalan zigzag di depan mobil ambulans,"katanya saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (14/7/2021).

2. Sepeda motor sempat berhenti di marka jalan‎

Rusak Ambulans yang Melintas, Pria Asal Bantul Ngaku Termakan IsuMobil ambulans milik SAR DIY yang dirusak. (dok. Humas Polres Bantul)

Mobil ambulans, kata Ihsan, lantas berbelok ke kiri ke arah utara menuju rumah pasien. Namun motor tersebut masih berada di depan mobil ambulans dengan berjalan zig-zag.

"Sepeda motor bahkan berhenti di marka jalan yang membuat perjalanan ambulans terhambat," ujarnya.‎

Selanjutnya sopir ambulans mempertanyakan alasan pengendara sepeda motor berhenti di tengah jalan. Selanjutnya adu mulut pun terjadi dan tiba-tiba salah seorang saksi sempat dipukuli orang tak dikenal.

"Saat ambulans akan berjalan, dari arah belakang terdengar suara keras yang kemudian diketahui kaca mobil bagian belakang pecah," ucapnya.

3. Sopir ambulans langsung lapor polisi‎

Rusak Ambulans yang Melintas, Pria Asal Bantul Ngaku Termakan IsuJumpa pers penangkapan pelaku perusakan mobil ambulans di Piyungan Bantul. (dok. Humas Polres Bantul)

Sang sopir ambulans langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Bantul. Pada malam harinya, polisi bergerak dan mengamankan tersangka IZ alias Unyil, warga Kalurahan Srimartani, Kecamatan Piyungan Bantul.

"Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor dan dua buah helim yang diduga digunakan untuk merusak kaca mobil belakang ambulans," ujarnya.

Dari pemeriksaan, tersangka yang sengaja melakukan pelemparan helm ke bagian kaca belakang mobil ambulans dengan helm miliknya. Unyil mengaku kesal terhadap sirine dan klakson ambulans yang membuatnya terburu-buru.

"Unyil juga mengaku terprovokasi informasi di media sosial yang menyatakan ambulans mondar-mandir sambil menghidupkan sirine namun tidak ada pasiennya," katanya.

"Atas perbuatan pelaku, penyidik akan menjerat tersangka dengan Pasal 406 KUHP dengan ancaman kurungan maksimal dua tahun delapan bulan," tambah Ihsan lagi.

4. Tersangka mengakui merusak kaca belakang ambulan‎s

Rusak Ambulans yang Melintas, Pria Asal Bantul Ngaku Termakan IsuUnyil, tersangka pelaku perusakan mobil ambulans di Piyungan Bantul. Jumpa pers penangkapan pelaku perusakan mobil ambulans di Piyungan Bantul. (dok. Humas Polres Bantul)

Sementara, tersangka Unyil sendiri mengakui seluruh perbuatannya. Unyil juga mengaku perusakan karena termakan isu ambulans kosong yang beredar di media sosial. 

"Iya saya yang merusak. Saya menyesal. Perusakan itu dilakukan karena termakan isu di sosmed yang bilang kalau ambulans suka lewat-lewat dan hidupkan sirine padahal aslinya kosong tidak membawa pasien," ungkapnya.‎

Baca Juga: Permintaan Peti Jenazah di Bantul Meningkat Tajam, Perajin Kewalahan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya