Comscore Tracker

Ruas Jalan Bantul Ditata Ulang, Ratusan Pohon Ditebang

Dari simpang empat Klodran sampai gapura akan diperlebar

Bantul, IDN Times - Proses pelebaran jalan mulai dari simpang empat Klodran hingga gapura selamat datang di Jalan Bantul mulai dikerjakan. Proses tersebut diawali dengan penebangan pohon-pohon yang berada di pembatas antara jalur cepat dan jalur lambat oleh Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bantul.

1. Ada 151 pohon yang akan ditebang‎

Ruas Jalan Bantul Ditata Ulang, Ratusan Pohon DitebangIDN Times/Daruwaskita

Dari pantauan IDN Times di lapangan, petugas dari DLH Bantul mulai menebangi pohon-pohon di sisi timur pembatas jalur cepat dan lambat. Sejumlah truk juga disiapkan untuk mengangkut potongan pohon yang ditebang agar tidak berserakan dan mengganggu pengguna jalan. Petugas dari Dinas Perhubungan juga tampak mengatur lalu-lintas agar berjalan lancar saat penebangan pohon berjalan.

"Ada sekitar 151 pohon yang akan ditebang terdiri dari pohon tanjung, mahoni, talok, jati, angsana, ketapang dan pohon waru. Usianya sekitar 5-10 tahun," kata Ari Budi Nugroho, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pemkab Bantul, Rabu (11/9).

Baca Juga: Ini Alasan Slogan Bantul Projotamansari Masih Belum Terpasang

2. Penebangan pohon ditargetkan selesai 1 pekan‎

Ruas Jalan Bantul Ditata Ulang, Ratusan Pohon DitebangIDN Times/Daruwaskita

Penerbangan pohon ditargetkan akan selesai dalam waktu 1 pekan ke depan dan penebangan sudah dimulai pada awal pekan ini.

"Jadi penebangan pohon ini untuk revitalisasi jalan mulai dari simpang empat Klodran hingga gapuran selamat datang Kota Bantul yang berjarak sekitar 500 meter," ungkapnya.

Aris menjelaskan pembangunan ruas jalan dari simpang empat Klodran hingga gapura selamat datang kota Bantul semuanya dibiayai oleh APBN melalui Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN). Pemkab Bantul hanya menyiapkan lokasinya proyeknya.

"Kita mendapatkan tugas dari Bapak Bupati untuk memotong pohon di area tersebut," ungkapnya.

3. Pembangunan jalan akan dilaksanakan oleh Satker P2JN‎

Ruas Jalan Bantul Ditata Ulang, Ratusan Pohon DitebangIDN Times/Daruwaskita

Asisten Bidang Pembangunan Dan Perekonomian Setda Bantul mengatakan pembangunan jalan nantinya dari 4 jalur menjadi 2 jalur seperti jalan Jenderal Sudirman (simpang empat Gose sampai simpang empat Klodran. Namun proyek tersebut dilakukan oleh Satker P2JN karena merupakan jalan nasional.

"Pembangunan jalan akan dimulai 15 September ini dan dimulai dari sisi timur terlebih dahulu," tuturnya.

Sebelumnya, Satker P2JN, Aris Rudianta mengatakan proses pengerjaan jalan sepanjang kurang lebih 570 meter akan menelan biaya Rp6 milyar. P2JN akan membangun jalan dan peningkatan aspal. Sementara penebangan pohon dan sejumlah utilitas menjadi tanggung jawab Pemkab Bantul.‎

Baca Juga: Car Free Day Dikritik, Bupati Bantul Akan Lakukan Evaluasi 

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You