RSUD Panembahan Senopati Isolasi 3 Pasien Pulang Umrah

Pasien mengeluh batuk dan sesak napas 

Bantul, IDN Times - ‎ RSUD Panembahan Senopati Bantul kembali merawat satu pasien dengan kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) corona atau Covid-19.

Pasien masuk RSUD Panembahan Senopati Bantul pada Jumat malam (6/3). Pasien tersebut mengeluh demam, batuk, sesak napas dan mengaku pulang dari umrah. ‎Saat ini total pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi mencapai tiga orang. Tiga pasien semuanya mempunyai riwayat usai menjalankan ibadah umrah.

Baca Juga: Corona Menyebar, Warga Tiongkok Masih Bisa Masuk ke Indonesia

1. Dua pasien pertama yang dirawat di ruang isolasi berjenis kelamin laki-laki dan perempuan

RSUD Panembahan Senopati Isolasi 3 Pasien Pulang UmrahKepala Sub Bagian, Hukum, Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih (nomor 2 dari kanan). IDN Times/Daruwaskita

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih mengatakan, dua pasien pertama yang dirawat berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, masuk ke RSUD Penembahan Senopati Bantul pada Rabu (4/3).

"Saat ini keduanya tengah menjalani perawatan di ruang isolasi," katanya, Sabtu (7/3).‎

 

2. Semuanya mempunyai riwayat pulang umrah

RSUD Panembahan Senopati Isolasi 3 Pasien Pulang UmrahIlustrasi ibadah umrah. ANTARA FOTO/Hanni Sofia

Menurutnya dua pasien datang ke RSUD Penembahan Senopati Bantul secara terpisah. Pasien pertama datang atas rujukan Puskesmas Piyungan, dan satunya lagi datang sendiri ke IGD RSUD Panembahan Senopati.

"Jadi pasien pertama yang datang atas rujukan Puskesmas Piyungan punya riwayat pulang umrah dan transit di Malaysia. Dia mengeluh gejala batuk. Pasien ini masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan atau ODP Covid-19," tuturnya.

3. Pasien katagori PDP telah dilakukan pengambilan swab

RSUD Panembahan Senopati Isolasi 3 Pasien Pulang UmrahBadan Penelitian Pengembangan Kesehatan / IDN Times Dini suciatinungrum

Siti mengatakan, saat ini semua pasien telah dilakukan pengambilan swab dan dikirim ke Litbangkes. 

"Saat ini sudah dilakukan pengambilan swab pada tanggal 6 dan 7 Maret dan sudah dikirim ke Litbangkes Kemenkes RI. Kita masih menunggu hasil dari Litbangkes Kemenkes RI," ujarnya.

Baca Juga: Wabah Virus Corona: Pemerintah Tak akan Liburkan Kampus dan Sekolah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya