Comscore Tracker

Pastor Penggerak Pertanian Lestari, Romo Tomo Meninggal Dunia

Jenazah disemayamkan di Gereja HKTY Ganjuran

Bantul, IDN Times - ‎Kabar duka menyelimuti umat katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran dan Keuskupan Agung Semarang (KAS). Romo Gregorius Utomo, Pr, atau yang lebih akrab dipanggil Romo Tomo tutup usia pada umur 91 tahun di RS Panti Rapih Yogyakarta pada Sabtu (15/2) sekitar pukul 04.50 WIB.‎

Romo Tomo bukanlah sosok asing bagi petani. Ia adalah tokoh penggerak pertanian lestari dalam Deklarasi Ganjuran yang bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia tahun 1990.

Romo Tomo lahir di Bantul, DI Yogyakarta. Meski telah mengakhiri tugas sebagai pastor di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, namun dirinya tidak berhenti berkarya dengan membesarkan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus yang didatangi umat Katolik dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta.

Baca Juga: Haedar Nashir: Gus Sholah Sosok Pengembang Islam Moderat di Indonesia

1. Meninggal di RS Panti Rapih Yogyakarta‎

Pastor Penggerak Pertanian Lestari, Romo Tomo Meninggal DuniaRomo kepala paroki Gereja HKTY Ganjuran, FX. Krisna Handoyo PR. IDN Times/Daruwaskita

Pastor Paroki HKTY Ganjuran, Romo FX Krisno Handoyo dalam keterangannya menjelaskan jenazah Romo Tomo disemayamkan di rumah duka Michael RS Panti Rapih hingga pukul 11.00 WIB. Selanjutnya jenazah diberangkatkan ke Gereja HKTY Ganjuran.

"Akan ada perayaan ekaristi penghormatan sebanyak dua kali yakni pada pukul 16.00 WIB dan pukul 18.00 WIB," katanya, Sabtu (15/2).

2. Jenazah akan disemayamkan di Gereja HKTY Ganjuran‎

Pastor Penggerak Pertanian Lestari, Romo Tomo Meninggal DuniaFoto Romo Tomo (berkursi roda) yang diambil tanggal 1 Februari 2020. (IDN Times/Istimewa)

Selanjutnya pada Minggu (16/2) pada pukul 05.00 WIB jenazah akan disemayamkan di pelataran Candi Mandala HKTY Ganjuran dan pada pukul 07.00 WIB akan diadakan perayaan ekaristi peringatan Hari Orang Sakit Sedunia sekaligus penghormatan jenazah di pelataran Candi Mandala HKTY Ganjuran.

"Pada pukul 13.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan ke Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan untuk di semayamkan di Kapel Seminari Tinggi," jelasnya.

3. Uskup Agung Semarang akan pimpin misa requiem di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan‎

Pastor Penggerak Pertanian Lestari, Romo Tomo Meninggal DuniaUskup Agung Semarang, Monsinyur (Mgr) Robertus Rubiyatmoko saat berkunjung ke Kantor Gubernur DIY, Senin (23/12/2019). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Pada Senin (17/2) tambah Romo Krisno, pada pukul 10. 00 WIB dilaksanakan pelaksanaan ekaristi requiem yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Rob. Rabyatmoko di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan dan dilanjutkan dengan acara pemakaman di Makam Romo-Romo KAS Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan.

"Bapak Uskup Agung Semarang yang nantinya akan memimpin langsung misa ekaristi requiem dan juga pemakaman Romo Utomo," ucapnya.‎

Baca Juga: Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Tutup Usia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya