Rizal Ramli : Pak Jokowi Kayak Mandor

Jokowi tinggalkan Trauma Tiga O

Sleman, IDN Times - Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan Jokowi seperti mandor  pembangunan, karena harus bolak balik mengunjungi proyek infrastruktur. Hal itu disampaikannya dalam Talkshow Bedah Program Capres & Cawapres 2019 #5 "Infrastruktur, Daerah Tertinggal dan Pemerataan Pembangun di Fisipol, UGM, Kamis (4/4).

"Pak Jokowi bangun infrastruktur memang all out, namun saking all out harus kunjungi proyek hingga 8 kali seperti seorang mandor saja."

1. Dana APBN hanya untuk bangun jalan tak berbayar‎

Rizal Ramli : Pak Jokowi Kayak MandorIDN Times/Daruwaskita

Selain sebagai mandor, Rizal juga mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur Jokowi saat ini meninggalkan trauma , dirinya menyebut trauma tersebut sebagai Trauma Tiga O.

O yang pertama kata Rizal adalah oversupply atau jor-joran. Dia mencontohkan pembangunan pembangkit listrik yang awalnya 35.000 MW justru akan membuat PLN rugi.

"Yang kedua adalah overprice karena yang kerjakan infrastruktur adalah BUMN maka BUMN biasa kemahalan hingga 35-50 persen."

Dan O ke tiga adalah overboard. Menurut Rizal saat ini BUMN tidak memiliki cukup uang, maka sebagian akan di subsidi oleh APBN.

" Jika BUMN harus meminjam hutang, dan pinjamannya terlalu tinggi sedangkan return asetnya sangat kecil dan bisa-bisa nantinya bermasalah."

Rizal mengatakan jika tidak ingin terkena Trauma Tiga O lebih lama maka penggunaan anggaran APBN seharusnya hanya digunakan untuk membangun jalan yang gratis, seperti misalnya jalan provinsi, jalan kabupaten. 

2. Jalan tol Pantura sehari rugi Rp1 milyar‎

Rizal Ramli : Pak Jokowi Kayak MandorIDN Times/Daruwaskita

Mantan Menko Maritim juga membeberkan saat ini jalan tol di pantai utara Jawa setiap tahunnya merugi hingga Rp300 milyar atau  Rp1 milyar per hari. 

"Jadi ketika Prabowo menang nantinya, APBN tak boleh untuk membangun jalan berbayar, kasih ke swasta, kasih return 11 persen dan dibantu pembebasan tanahnya,"ujar Rizal. 

3. Perbandingan infrastruktur Indonesia dan China

Rizal Ramli : Pak Jokowi Kayak MandorIDN Times/Daruwaskita

Rizal yang mengaku bukan bagian dari Tim Pemenangan Prabowo-Sandi, juga menyoroti tentang perbandingan pembangunan infrastruktur Indonesia dan China.

Menurutnya pembangunan infrastruktur di negara China tidak dapat disamakan dengan Indonesia, karena pertumbuhan ekonomi China hingga12% selama 25 tahun sehingga tidak akan menemui masalah jika dilakukan secara besar- besaran. 

"Lha ini pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mentok 5% kok mau jor-joran bangun infrastruktur. Sekarang yang gunakan jalan tol kan kebanyakan mobil pribadi bukan truk. Mosok mau disubsidi sehari Rp1 milyar, jangan dong,"pungkas Rizal.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya