Rektor UNY Masuk Penjaringan 4 Partai sebagai Balon Bupati Gunungkidul

Sudah terbiasa mengabdi untuk masyarakat

Gunungkidul, IDN Times - Pilkada 2020 Kabupaten Gunungkidul tidak hanya diramaikan oleh kandidat yang memiliki profesi sebagai politisi atau birokrat, tetapi juga dari kalangan akademisi. 

Nama Sutrisna Wibawa yang merupakan rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) masuk dalam penjaringan yang dilakukan oleh sejumlah partai politik di Kabupaten Gunungkidul.‎

"Saya itu memang orang Gunungkidul dan saya siap untuk memberikan kontribusi kepada rakyat Gunungkidul jika dibutuhkan," katanya saat berkunjung ke Gunungkidul, Jumat (27/12).

Baca Juga: Rumah di Gunungkidul Digeledah Polda DIY, Sang Pemilik Dikenal Ramah

1. Sutrisna juga berkomunikasi dengan partai lainnya di Gunungkidul‎

Rektor UNY Masuk Penjaringan 4 Partai sebagai Balon Bupati GunungkidulIlustrasi bendera PDIP. IDN Times/Daruwaskita

Menurut Sutrisna, keempat partai yang menjaring namanya menjadi kandidat bakal calon bupati Gunungkidul di antaranya PAN, PKB, Gerinda, dan Nasdem. Sedangkan partai lainnya, kata Sutrisna juga sudah melakukan komunikasi dan juga penjajakan internal.

"Yang resmi 4 partai menjaring nama saya sebagai bakal calon bupati Gunungkidul," ujarnya.

2. Aktif di pemerintah pusat dan daerah menjadi modal tambahan berkompetisi di Gunungkidul‎

Rektor UNY Masuk Penjaringan 4 Partai sebagai Balon Bupati GunungkidulRektor UNY Sutrisna Wibawa. IDN Times/Daruwaskita

Pria asli dari Dusun Sokoliman ini mengaku dengan pengalaman aktif di pemerintahan pusat maupun daerah bisa menjadi modal tambahan bagi dirinya untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat di Gunungkidul. Misalnya dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam kapasitas sebagai rektor, dosen dan peneliti.

"Selama ini saya juga sudah berkomitmen semaksimal mungkin bermanfaat bagi masyarakat umum dan khususnya bagi masyarakat Gunungkidul meski tidak menjabat sebagai bupati," ujarnya.

3. Siap menularkan hasil penelitian untuk peningkatan SDM masyarakat Gunungkidul‎

Rektor UNY Masuk Penjaringan 4 Partai sebagai Balon Bupati GunungkidulIlustrasi salah satu destinasi wisata pantai di Gunungkidul. cyberspaceandtime.com

Mantan Sekretaris Direktorat Jenderal di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini menyatakan jika nantinya diberi amanah memimpin Gunungkidul, prioritas utamanya adalah menularkan praktik baik yang sudah diteliti dan terbukti berhasil di UNY maupun pendidikan tinggi lainnya kepada masyarakat di Gunungkidul. Misalnya pengembangan usaha kecil menengah, produk-produk inovatif, pariwisata, agribisnis hingga budaya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan dan teknologi.

"Dengan SDM yang baik maka Gunungkidul dapat bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Terlebih Gunungkidul memiliki keunggulan alam yang bisa dimanfaatkan untuk agribisnis dan pariwisata," terangnya.‎

Baca Juga: Mumtaz Rais Pede Dirinya yang Paling Populer di Sleman 2020

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya