Rekapitulasi Suara Selesai, Jokowi Menang Mutlak di Gunungkidul

Tidak ditemukan adanya kecurangan dalam pemilu

Gunungkidul, IDN Times - Berbeda dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul yang baru menyelesaikan rekapitulasi suara hasil pemilu sebanyak 11 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada, KPU Kabupaten Gunungkidul telah menyelesaikan rekapitulisasi hasil penghitungan suara pemilu tingkat Kabupaten.

Hasilnya, pasangan calon 01, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin menggungguli paslon 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

1. Rekapitulasi suara pemilu selesai pukul 15.00 WIB

Rekapitulasi Suara Selesai, Jokowi Menang Mutlak di GunungkidulIDN Times/Daruwaskita

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani menjelaskan rekapitulisasi suara pemilu di Kabupaten Gunungkidul selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Menurutnya, saat ini KPU masih menyalin hasil rekapitulasi suara Pemilu.

"Sudah selesai, rekapitulisasi suara dari 18 Kecamatan sudah selesai, tadi hasilnya sudah ditanda tangan semua pihak, baik dari komisioner KPU dan para saksi," ujarnya, Kamis (2/5).

Baca Juga: [UPDATE] Kawal Pemilu: Selisih 7 Juta Suara, Jokowi Tetap Unggul

2. Hasil rekapitulasi pemilu segera dikirim ke KPU DI Yogyakarta

Rekapitulasi Suara Selesai, Jokowi Menang Mutlak di GunungkidulIDN Times/Daruwaskita

Hani melanjutkan, setelah salinan rampung, nantinya hasil rekapitulasi akan diserahkan ke KPU DI Yogyakarta untuk dilakukan rekapitulisasi tingkat provinsi. Penyerahan ke KPU DI Yogyakarta sendiri, kata Hani dilaksanakan malam ini.

"Hasil rekapitulasi akan kita kirim ke KPU DIY untuk selanjutkan digunakan untuk perhitungan di tingkat provinsi," ungkapnya.

3. Paslon 01 memperoleh suara 379.653

Rekapitulasi Suara Selesai, Jokowi Menang Mutlak di GunungkidulIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasil rekapitulasi surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) menunjukkan paslon 01 Jokowi-Maruf memperoleh suara 379.653 suara. Sementara, paslon 02 Prabowo-Sandiaga hanya meraup 116.366 suara, dan untuk suara tidak sah sejumlah 13.476 suara.

4. Tak ditemukan adanya kecurangan dalam pemilu

Rekapitulasi Suara Selesai, Jokowi Menang Mutlak di GunungkidulIDN Times/Prayugo Utomo

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul, Is Sumarsono menjelaskan bahwa pelaksanaan rekapitulasi berlangsung lancar. Meski diakuinya sempat muncul permasalahan ketika dilakukan proses rekapitulasi untuk Kecamatan Purwosari.

"Tidak ada indikasi kecurangan hanya ada pergeseran suara sampai DAA Plano di Kecamatan Purwosari namun dapat diatasi," ujarnya.

Baca Juga: Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Molor

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya