Razia Bocor, Petugas Tak Temukan Tamu Bukan Pasutri Menginap di Hotel

Informasi razia diduga menyebar melalui grup WhatsApp

Bantul, IDN Times - Satpol PP Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta dibantu Satpol PP Pemkab Bantul melakukan razia serta penertiban hotel dan losmen yang berada di berada di kawasan Pantai Parangtritis, Jumat (17/5). Kawasan tersebut diduga kerap dipakai menginap pasangan yang tidak sah.

Meski demikian, Satpol PP tidak menemukan adanya tamu bukan pasangan suami istri yang menginap. 

1. Hotel yang dirazia Satpol PP sama sekali tak ada tamunya‎

Razia Bocor, Petugas Tak Temukan Tamu Bukan Pasutri Menginap di HotelIDN Times/Daruwaskita

Razia menyasar ke Hotel Agung yang berada di Jalan Parangtritis namun tak menemukan pasangan bukan suami istri.

Rombongan kembali bergerak menuju losmen dan hotel yang berada di kawasan perbukitan Pantai Parangtritis. Namun, dari semua hotel yang diperiksa oleh puluhan petugas Satpol PP, tak satupun ada tamu yang bukan suami istri.

Petugas gabungan kembali bergerak menuju hotel dan losmen yang ada di Pantai Parangkusumo, tak kurang 3 hotel dimasuki oleh petugas namun tak satupun pasangan mesum yang terjaring oleh petugas

2. Tamu diminta meninggalkan hotel di Parangtritis sebelum petugas Satpol PP tiba di hotel‎

Razia Bocor, Petugas Tak Temukan Tamu Bukan Pasutri Menginap di HotelIDN Times/Daruwaskita

Warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan para pemilik hotel atau losmen beberapa menit sebelum rombongan Satpol PP datang untuk melakukan razia sudah menyuruh tamunya untuk segera pergi dari hotel atau losmen agar tak terjaring razia.

"Tadi kan ada beberapa pasangan anak muda yang menggunakan motor atau mobil turun meninggalkan hotel dan berpapasan dengan rombongan Satpol PP yang sedang melakukan razia di hotel lainnya," ujarnya, Jumat sore (17/5).‎

Baca Juga: Ramadan, Polres Bantul Bakal Merazia Karaoke Ilegal di Parangkusumo

3. Informasi lewat WhatsApp gagalkan razia Satpol PP

Razia Bocor, Petugas Tak Temukan Tamu Bukan Pasutri Menginap di HotelIDN Times/Daruwaskita

Dia juga mengatakan dengan fasilitas komunikasi baik telepon atau media sosial maka kegiatan razia tersebut sangat mudah bocor ke para pemilik losmen atau hotel.

"Para pemilik hotel ada yang punya grup WhatsApp sehingga informasi tersebar sangat cepat," ucapnya.

4. Tak temukan tamu bukan pasangan sah, kondisi ketertiban umum dianggap terjaga‎

Razia Bocor, Petugas Tak Temukan Tamu Bukan Pasutri Menginap di HotelIDN Times/Daruwaskita

Maski gagal mendapatkan target namun hal tersebut bukanlah prestasi yang buruk justru dengan tidak ditemukannya hotel yang menyewakan kamar bukan untuk pasangan suami istri maka pemilik hotel mengikuti ketentuan yang ada.

"Kita sudah saksikan bahwa tidak ditemukan adanya tamu hotel yang bukan pasangan suami istri. Ini artinya kondisinya sudah terjaga dan ketertiban umum juga terjaga saat bulan Ramadan," kilah Sumantri, Kabid Penegakan dan Penyelidikan Satpol PP Pemda DIY.‎

Dalam perjalanan dari Pantai Parangtritis ke Kantor Satpol PP DIY, rombongan akan menyasar beberapa hotel atau tempat pijat yang berada di sekitar kawasan Jalan Parangtritis dan sekitarnya.

"Ya kita masih akan mampir ke beberapa hotel yang berada di sepanjang jalan Parangtritis hingga Kota Yogyakarta untuk memastikan tidak ada tamu yang bukan suami istri menginap satu kamar di hotel," tuturnya.‎

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya