Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui Terminal

Agen tiket bus harus menyediakan armada ekstra

Bantul, IDN Times - Ratusan pemudik mulai meninggalkan Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta dengan menggunakan moda angkutan darat bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan bus pariwisata dari terminal Palbapang, Kabupaten Bantul.

1. Sejak pukul 13.00 WIB calon penumpang bus sudah berdatangan

Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui TerminalIDN Times/Daruwaskita

Dari pantauan IDN Times di terminal Palbapang mulai pukul 13.00 WIB, ratusan calon penumpang bus telah berdatangan ke terminal yang terlatak di jalan Palbapang-Srandakan ini. Para penumpang ini akan menggunakan bus PO Murni Jaya dan bus PO Putra Alam yang melayani rute Jabodetabek-Merak.

2. Arus balik Lebaran mulai ramai sejak Jumat (7/6)‎

Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui TerminalIDN Times/Daruwaskita

Toni, agen tiket bus PO Murni Jaya mengatakan arus balik Lebaran mulai ramai sejak hari Jumat (7/6) dan bertambah ramai sampai Minggu (9/6). Bahkan para agen tiket harus menyediakan setidaknya dua bus tambahan (dari bus pariwisata) karena penumpang membludak.

"Jadi setiap hari ada satu bus reguler PO Murni Jaya dan PO Putra Alam yang melayani calon penumpang dengan tujuan Jabodetabek-Merak. Namun saat arus balik Lebaran saat ada tambahan 1 bus ekstra namun tetap belum mencukupi untuk mengangkut semua penumpang," ujarnya, Minggu (9/6).

Baca Juga: Arus Balik 2019: H+3 Lebaran, Pemudik Siap-Siap Kembali ke Kota Asal

3. Bus esktra Lebaran untuk memenuhi permintaan penumpang yang membludak‎

Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui TerminalIDN Times/Daruwaskita

Karena dua unit bus dari PO. Murni Jaya dan bus dari PO. Putra tak tak bisa membawa penumpang akhirnya para agen bus PO Murni Jaya dan PO Putra Alam meminta tambahan bus dari bus wisata yang disiapkan untuk membantu arus mudik-balik Lebaran.

"Hari ini ada dua bus wisata tambahan yang akan membawa penumpang tujuan Jabodetabek-Merak," ungkapnya.

4. Infrastruktur jalan yang bagus mempersingkat waktu perjalanan‎

Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui TerminalDok. Jasa Marga

Toni mengatakan dengan infrastruktur jalan yang lebih baik yaitu adanya tol trans Jawa yang telah selesai telah memotong waktu perjalanan dari Yogyakarta tujuan Jabodatabek-Merak yang saat lebaran ditempuh 2 hari 1 malam, saat ini hanya sekitar 1 setengah hari.

"Jadi berangkat sore sekitar pukul 14.30 WIB sampai jakarta paling lambat siang hari. Itupun jika ada kemacetan. Jika tidak ada maka pagi hari sudah sampai Jakarta," ujarnya.

"Apalagi saat hari biasa, berangkat sore maka jam 4 pagi sudah sampai Jakarta," tambah Toni lagi.

5. Pesan tiket bus dua hari sebelum keberangkatan dapat kursi bus paling belakang‎

Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui TerminalIDN Times/Daruwaskita

Indra, salah satu calon penumpang bus PO Murni Jaya tujuan Tangerang, mengatakan sudah memasan bus untuk tujuan tangerang pada hari Jumat (7/6) dan hanya mendapatkan tempat duduk di baris paling belakang.

"Saya masih beruntung dapat berangkat hari ini karena pemesan yang lainnya harus mundur harinya untuk kembali ke tempat kerja karena tidak kebagian tiket bus," katanya.‎

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya