Puluhan Anggota SAR Siap Diterjunkan untuk Pengamanan Malam 1 Suro

Belum ada informasi kegiatan ritual di pantai

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan personel SAR Satlinmas Wilayah III dan IV Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta bakal diterjunkan untuk pengamanan perayaan Malam 1 Suro di kawasan pantai selatan Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Weekend Kemarin, Jumlah Wisatawan di DIY Mencapai Hampir 40 Ribu

1. SAR Satlinmas Wilayah III terjunkan 20 personel

Puluhan Anggota SAR Siap Diterjunkan untuk Pengamanan Malam 1 SuroIlustrasi anggota tim sar Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III, Pantai Parangtritis-Pantai Depok, Muhammad Arif Nugraha mengatakan pihaknya bakal menerjunkan 20 personel untuk pengamanan perayaan Malam 1 Suro di sepanjang Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok.

"Kita dalam pengamanan juga dibantu oleh personel dari Polair Polda DIY," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (19/8/2020).

2. Belum ada informasi ritual Malam 1 Suro di Pantai Parangkusumo

Puluhan Anggota SAR Siap Diterjunkan untuk Pengamanan Malam 1 SuroPantai Parangkusumo Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Inu, panggilan akrab Muhammad Arif Nugraha, mengatakan momen perayaan Malam 1 Suro yang bersamaan dengan pandemi COVID-19, membuat beberapa ritual yang melibatkan massa ditiadakan. Ritual seperti labuhan di Pantai Parangkusumo hanya digelar secara perorangan.

"Sampai saat ini kita belum mendapatkan tembusan adanya ritual dengan melibatkan masa dalam jumlah banyak saat Malam 1 Suro," ucapnya.

Meski tidak ada ritual seperti labuhan dengan melibatkan massa, SAR Satlinmas Wilayah III tetap akan melakukan patroli wilayah, terutama di kawasan Pantai Parangkusumo yang menjadi pusat kegiatan ritual.

"Ya mungkin Malam 1 Suro tahun ini jauh lebih sepi dibandingkan sebelumnya karena juga bersamaan dengan pandemik COVID-19," ungkapnya.

"Perayaan bulan Suro justru akan ramai saat tanggal 15 mendatang dengan datangnya warga dari Surakarta dan sekitarnya untuk melakukan ritual di Pantai Parangkusumo," tambah anggota SAR Satlinmas Wilayah III, Bantul, Ali Joko Sutanto.

3. Tradisi arak-arakan Mahesa Suro di Pantai Samas ditiadakan

Puluhan Anggota SAR Siap Diterjunkan untuk Pengamanan Malam 1 SuroPantai Samas. IDN Times/Daruwaskita

Sementara, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah IV Pantai Samas-Pantai Pandansimo, Dwi Rias Pamuji mengatakan pihaknya menurunkan semua kekuatan SAR yang ada untuk pengamanan Malam 1 Suro, yakni sebanyak 30 personel yang nantinya akan dibantu oleh petugas dari Polair dan TNI AL.

"Tahun sebelumnya titik perayaan Malam 1 Suro berada di Pantai Samas, Pantai Gua Cemara dan Pantai Pandansimo namun untuk tahun ini semua ritual labuhan ditiadakan karena masih dalam masa pandemik COVID-19," ucapnya.

"Ritual Mahesa Suro yang rutin digelar masyarakat Pantai Samas juga ditiadakan karena masih dalam kondisi pademik COVID-19,"t ambahnya lagi.

Pihaknya saat Malam 1 Suro dengan tidak adanya ritual yang dilakukan masyarakat maka hanya akan melakukan patroli ke titik-titik pantai yang ramai dikunjungi wisatawan dan akan memantau pantai yang ada keramaian wisatawan.

"Yang justru ramai adalah kegiatan menerbangkan layang-layang saat malam hari di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJS) sepanjang Pantai Pandansimo hingga Pantai Samas," ucapnya.‎

Baca Juga: Soal Toko Waralaba di Parangtritis, Suharsono Akan Evaluasi Izin

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya