Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara YIA 28 Maret 2020

Bandara YIA bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jogja

Kulon Progo, IDN Times - ‎Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin berkunjung ke Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo sebagai rangkaian kunjungan kerjanya di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Ma'ruf Amin didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Dirut PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dan sejumlah pejabat lainnya. 

Baca Juga: Wapres Sebut Pemerintah Sudah Antisipasi Penyebaran Virus Corona 

1. Wapres pastikan bandara diresmikan Presiden

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara YIA 28 Maret 2020IDN Times/Shemi

Di Bandara YIA, Wapres meninjau pembangunan lantai III yang nantinya akan dijadikan terminal domestik. Dalam kesempatan itu, Wapres memastikan Bandara YIA akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Rencananya YIA ini akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada 28 Maret 2020 yang akan datang," kata Ma'ruf Amin, Jumat (24/1).

2. Bandara YIA akan dihiasi ornamen yang menggambarkan budaya khas Yogyakarta‎

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara YIA 28 Maret 2020Wapres RI, Mak'ruf Amin kunjungi Bandara YIA.IDN Times/Daruwaskita

Ma'ruf mengatakan Bandara YIA merupakan airport modern. Landasan pacu bandara yang berada di tepi Laut Selatan itu mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Airbus 380. Wapres menambahkan Bandara YIA juga dihiasi dengan ornamen yang menggambarkan budaya khas Yogyakarta sehingga ketika tiba di YIA maka berasa melihat Yogya.

"Melihat ornamen yang ada, orang yang datang ke sini sudah merasakan dan melihat Yogyakarta," ungkapnya.

3. Bandara YIA akan mendongkrak kunjungan wisatawan‎

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara YIA 28 Maret 2020Penumpang pesawat di Bandara YIA. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Ma'ruf Amin meyakini keberadaan Bandara YIA ke depan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Yogya. Apalagi saat ini sudah banyak maskapai yang tertarik untuk membuka rute penerbangan langsung ke Bandara YIA dari Eropa, Amerika maupun China.

"Kalau selama ini tidak tertampung karena bandara tidak memadai. Nanti akan ke sini, lebih besar lagi," ungkapnya.

Usai memberikan keterangan kepada media, Wapres langsung turun ke lantai II kemudian menuju ke pesawat kepresidenan untuk kembali ke Jakarta.‎

Baca Juga: Operasional Penuh Bandara YIA Mundur dari Target Awal 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya