Comscore Tracker

Polres Bantul Bekuk Warga Bandung Pelaku Pencurian Puluhan Ponsel

Pemilik konter ponsel merugi hingga Rp67 juta‎

Bantul, IDN Times - Jajaran Resersi Kriminal (Reskrim) Polres Bantul, membekuk AM, tersangka pelaku pencurian ponsel di konter VH Cell di Jalan Wates Km 3,5 Onggobayan, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul (18/7) lalu.

Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 3 dari 50 ponsel yang berhasil di gondol warga asli Sumedang, Jawa Barat tersebut. Sedangkan yang lainnya telah dijual oleh tersangka selama perjalanan dari Bantul menuju Sumedang. Per unitnya dijual dengan harga Rp300 ribu hingga Rp800 ribu.

1. Pelaku berhasil menggasak sebanyak 50 unit ponsel

Polres Bantul Bekuk Warga Bandung Pelaku Pencurian Puluhan PonselIDN Times/Daruwaskita

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Rico Sanjaya mengatakan terungkapnya kasus pencurian ini berawal ketika Polres Bantul menerima laporan dari pemilik konter VH Cell.

"Jadi Viktus Harlan adik dari pemilik konter VH Cell, memberitahukan kepada kakaknya bahwa konternya telah dibobol maling. Selanjutnya korban mengecek konter dan ternyata memang sebanyak 50 unit ponsel telah raib. Diperkirakan pemilik mengalami kerugian hingga Rp67 juta. Selanjutnya korban membuat laporan ke Mapolsek Kasihan pada Kamis (18/7)," katanya di Mapolres Bantul, Rabu (28/8).

Baca Juga: September, Polri akan Luncurkan Smart SIM. Apa Saja Keunggulannya?

2. Pelaku ditangkap di wilayah Bandung Jawa Barat‎

Polres Bantul Bekuk Warga Bandung Pelaku Pencurian Puluhan PonselIDN Times/Daruwaskita

Atas laporan tersebut Tim Opsnal Polres Bantul yang dipimpin oleh Iptu Supriyadi, melakukan penyelidikan dan menemukan titik terang pelaku pencurian. Pada saat itu tersangka diketahui berada di wilayah Rancaengkek, Bandung, Jawa Barat.

Selanjutnya pada 22 Agustus 2019, petugas membekuk Asep Mulyana dengan barang bukti 3 unit ponsel.‎ "Jadi yang berhasil diamankan hanya 3 unit dan sisanya sudah dijual oleh pelaku," ujarnya.

 

3. Mencuri karena tidak punya uang

Polres Bantul Bekuk Warga Bandung Pelaku Pencurian Puluhan PonselIDN Times/Daruwaskita

Dari keterangan pelaku aksi pencurian di konter VH Cell itu dilakukan oleh tersangka bersama seorang temannya.

Sementara AM mengaku terdesak mencuri karena untuk memenuhi kebutuhan dalam perjalanan menuju Bandung. Selain itu juga tidak punya uang saku untuk nanti diberikan kepada keluarga di rumah.

"Ya saya kan kerja di Surabaya, kalau pulang tidak membawa uang malu. Anak istri saya menunggu di rumah," tuturnya.‎

Baca Juga: Mengaku Wartawan, 3 Orang Peras Warga Bantul Hingga Rp50 juta

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya