Puluhan Pohon Jati dan Mahoni di Kulon Progo Jadi Sasaran Pencuri

Korban mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah

Bantul, IDN Times - ‎Kawanan pencuri kembali berulah di Kabupaten Kulon Progo pada Minggu (6/3/2022) yang lalu. Kali ini sasarannya adalah pohon jati hingga pohon orak arik.

Kawanan pencuri ini menebangi pohon di kebun milik Tommy Kurniawan, warga Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan.

Baca Juga: Tak Lazim, Kawanan Pencuri di Kulon Progo Gasak Pohon Albasia

1. Pemilik baru melapor ke polisi‎ sepekan setelah terjadi aksi pencurian

Puluhan Pohon Jati dan Mahoni di Kulon Progo Jadi Sasaran PencuriPotongan pohon jati dan mahani yang siap diangkut oleh kawanan pencuri di Kulon Progo.(doc.Humas Polres Kulon Progo)

Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, membenarkan terjadinya aksi pencurian puluhan pohon di Kapanewon Nanggulan namun kejadian tersebut baru dilaporkan pada Senin (14/3/2022) yang lalu.

"Jadi hampir satu minggu usai kasus pencurian pohon dan kayu ini baru dilaporkan ke polisi. Pelapor sendiri bukan pemilik kebun yang pohonnya dicuri namun lewat kuasa dari korban yakni Tomy Kurniawan," katanya, Rabu (16/3/2022).

2. Kronologi pencurian puluhan pohon jati hingga pohon mahoni di Kapanewon Nanggulan‎

Puluhan Pohon Jati dan Mahoni di Kulon Progo Jadi Sasaran PencuriPolisi melakukan pengecekan lokasi pohon jati dan mahoni ditebangi kawanan pencuri.(doc.Humas Polres Kulon Progo)

Menurut Jeffry, aksi pencurian pohon dan kayu ini terungkap berawal saat Triyanto sebagai kuasa pemilik kebun yang pohonnya dicuri mendapatkan laporan dari warga setempat ada aktivitas penebangan pohon. Triyanto kemudian mengecek ke kebun dan menemukan ada beberapa pohon yang sudah ditebang. Bahkan sudah dipotong-potong dan ditumpuk di tepi jalan serta siap diangkut.

"Sejumlah pohon yang ditebang di antaranya 15 pohon jati, 16 pohon mahoni dan 3 pohon orak-arik," ungkapnya.

Atas kejadian tersebut Triyono memberitahukan kepada pemilik kebun yang pohonnya ditebang dan akhirnya memberikan kuasa untuk melaporkan kejadian pencurian ke polisi.

"Kerugian diperkirakan mencapai belasan juta," ujarnya.

3. Penyidik masih mendalami kasus pencurian puluhan pohon di Kapanewon Nanggulan

Puluhan Pohon Jati dan Mahoni di Kulon Progo Jadi Sasaran PencuriPolisi melakukan pengecekan lokasi pohon jati dan mahoni ditebangi kawanan pencuri.(doc.Humas Polres Kulon Progo)

‎Saat ini kata Jeffry kasus tersebut masih ditangani oleh Satreskrim Polres Kulon Progo bekerja sama dengan Polsek Nanggulan. Sedangkan barang bukti potongan kayu sudah diamankan ke Polsek Nanggulan.

"Kasus ini masih dalam penyelidikan petugas reskrim," terangnya.‎

Baca Juga: Ratusan Hektare Persawahan di Kulon Progo Jadi Tumbal Proyek Strategis

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya