PKS Jajaki Koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Bantul

PDIP sudah bersepakat berkoalisi dengan PKB

Bantul, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bantul terus bermanuver jelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

Setelah ‎bersilaturahmi dengan Pastur dan Pengurus ‎Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, pengurus PKS menjalin silaturahmi dengan jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul.

 

Baca Juga: 4 Partai Godok Pembentukan Poros Baru untuk Pilkada Bantul 2020

1. PKS mengaku ingin berkoalisi dengan PDIP‎

PKS Jajaki Koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Bantul

Kedatangan jajaran DPD II PKS Kabupaten Bantul dipimpin langsung oleh Ketua DPD II PKS Bantul, Amir Syarifuddin dan disambut oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul, Joko Purnomo dan jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Bantul.

Seusai pertemuan dengan jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, Ketua DPD II PKS Kabupaten Bantul Amir Syarifuddin tak membantah jika silaturahmi dengan PDI Perjuangan tak lepas dari Pilkada 2020 pada 23 September 2020 mendatang.

"Ya salah satu agendanya membahas koalisi," kata Amir, Jumat (31/1).

2. Dalam pilkada di sejumlah daerah di Indonesia PKS berkoalisi dengan PDI Perjuangan‎

PKS Jajaki Koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada BantulPengurus DPC PDIP dan PKS acungkan salam metal. IDN Times/Daruwaskita

Bagi PKS berkoalisi dengan PDI Perjuangan bukan hal yang baru. Kedua parpol itu sudah berkoalisi di berbagai wilayah di Indonesia seperti di Pilkada Solo.

"Ketika nantinya PKS berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Bantul memang akan menjadi kejutan. Namun PKS, PDI Perjuangan itu pemain politik semua sehingga tidak ada yang tidak mungkin. Semuanya sangat mungkin," kata Amir yang juga anggota Komisi C DPRD DIY itu.

Mantan anggota DPRD Bantul ini mengatakan pertemuan dengan DPC PDI Perjuangan Bantul ini baru langkah awal. Nantinya akan ditindaklanjuti dengan mengerucutkan koalisi PKS dan PDI Perjuangan.

"Ini baru langkah awal, nanti kita akan tindak lanjuti lagi. PKS bisa berkoalisi dengan partai manapun dalam pilkada," ujarnya.

3. Jika bergabung, PKS akan memperkuat koalisi PDI Perjuangan dan PKB

PKS Jajaki Koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada BantulKetua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, Joko Purnomo mengatakan pertemuan PKS dan PDI Perjuangan Bantul menjadi suatu wacana baru menjelang Pilkada Bantul. Pasalnya, dalam pilkada-pilkada sebelumnya PKS dan PDI Perjuangan selalu berseberangan.

"Tidak menutup kemungkinan PDI Perjuangan sebagai partai terbuka berkoalisi dengan partai lain termasuk dengan PKS," ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Bantul ini menegaskan hampir dipastikan PDI Perjuangan Bantul akan berkoalisi dengan PKB. Jika PKS turut bergabung tentunya ini akan semakin menguatkan koalisi yang dibangun PDI Perjuangan dan PKB.

"Kebetulan kita itu punya semangat yang sama yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat," katanya.

Baca Juga: Akan Gandeng PKB di Pilkada Bantul, PDIP Rela Kadernya Jadi Wabup

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya