Pilkada 2020, DPC PDIP Bantul Tunggu Rekomendasi DPP PDIP

PDIP dipastikan berkoalisi dengan PKB dalam Pilkada Bantul

Bantul, IDN Times - Rekomendasi DPP PDI Perjuangan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bantul belum turun. Namun, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul yakin nama yang nantinya akan mendapatkan rekomendasi tidak jauh dari yang diusulkan DPC.

Seperti diketahui DPC PDI Perjuangan Bantul mengusulkan 5 kandidat yang nantinya diusung dalam Pilkada Bantul 2020 yakni, Joko Purnomo, Abdul Halim Muslih, Bambang Wisnu Handoyo, Kusila dan Agus Santosa.

Baca Juga: PKS Jajaki Koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Bantul

1. Optimistis nama yang mendapatkan rekomendasi adalah kandidat yang diusung DPC PDIP Bantul‎

Pilkada 2020, DPC PDIP Bantul Tunggu Rekomendasi DPP PDIPBakal calon bupati Bantul dari PDIP Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, Joko Purnomo mengatakan optimismis nama yang mendapatkan rekomendasi tak jauh dari yang diusulkan oleh DPC PDI Perjuangan Bantul. Alasannya, nama-nama itu merupakan aspirasi dari kader di tingkat bawah.

"Nama yang akan mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan tak akan jauh dari nama yang telah dikirim ke DPP melalui DPD PDI Perjuangan DIY," katanya, Jumat (31/1).

2. DPP PDIP punya hak untuk memberi rekomendasi nama di luar kandidat yang diusulkan

Pilkada 2020, DPC PDIP Bantul Tunggu Rekomendasi DPP PDIPIDN Times/Margith Juita Damanik

Mantan Ketua DPRD Bantul itu juga mengatakan DPP PDI Perjuangan memang punya kewenangan untuk memberikan rekomendasi nama di luar yang diusulkan oleh DPC PDI Perjuangan Bantul. Hanya, kata Joko, kemungkinannya itu sangat kecil.

"DPP PDI Perjuangan boleh memberikan rekomendasi di luar dari nama-nama yang diusulkan oleh DPC PDI Perjuangan Bantul namun kemungkinannya sangat kecil," ujarnya.

3. Pilkada Bantul 2020, PDIP dipastikan berkoalisi dengan PKB‎

Pilkada 2020, DPC PDIP Bantul Tunggu Rekomendasi DPP PDIPKetua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih (kanan) bersama Joko Purnomo Ketua DPC PDIP Bantul (kiri). IDN Times/Daruwaskita

Lebih lanjut Joko mengatakan dalam Pilkada 2020 dipastikan PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan PKB. Meski demikian PDIP masih membuka bagi partai lain untuk berkoalisi.

"Semakin banyak partai bergabung dengan koalisi PDIP-PKB maka semakin baik. Adanya partai kan pada akhirnya untuk menyejahterakan masyarakat," ujarnya.‎

Baca Juga: Pilkada Bantul, Suharsono dan Halim Daftar ke NasDem Bantul 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya