Petani Dlingo Resah, Kera Ekor Panjang Ambil Tanaman Siap Panen  

Diperkirakan makanan di habitat kera telah habis 

Bantul, IDN Times - ‎Ribuan kera ekor panjang mengambil tanaman siap panen petani di Dlingo.  Akibatnya, lahan pertanian di Padukuhan Pakis 2 dan Cempluk banyak yang mengalami kerusakan bahkan terancam gagal panen.

1. Serangan kera ekor panjang sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini‎

Petani Dlingo Resah, Kera Ekor Panjang Ambil Tanaman Siap Panen  Kera ekor panjang. pixabay.com/free-photos-242387

Serangan ribuan kera ekor panjang dibenarkan oleh Camat Dlingo, Deni Ngajis Hartono. Wilayah pertanian Padukuhan Cempluk bahkan sudah didatangi kera ekor panjang beberapa pekan terakhir ini. Warga berusaha mengusir kedatangannya namun selalu gagal.

"Belum ada hasilnya oleh karenanya kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Parikanan Pemkab Bantul agar kera ekor panjang tidak menyerang lahan pertanian milik warga," ujarnya Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Objek Wisata Dibuka, Kera di Kaliurang Turun Gunung

2. Diduga stok makanan kera habis

Petani Dlingo Resah, Kera Ekor Panjang Ambil Tanaman Siap Panen  Pertanian sayur mayur milik petani PPU (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Kera ekor panjang yang menyerang lahan pertanian milik warga diduga karena persediaan makanan di habitat mereka sudah telah habis, sehingga mencari makan di lahan pertanian milik warga.

"Ya kalau makanan di habitnya habis maka akan memakan apa saja yang ada di luar habitatnya. Kebetulan yang paling dekat adalah lahan pertanian milik warga," ungkapnya.

3. Warga sudah melapor namun sampai hari ini belum ada respon‎

Petani Dlingo Resah, Kera Ekor Panjang Ambil Tanaman Siap Panen  IDN Times/Rudal Afgani

Salah satu warga Padukuhan Pakis 2, Sujoko mengatakan untuk meminimalkan kerugian warga melakukan ronda dari siang hingga malam. 

"Kami takut tanaman pertanian kami habis dimakan kera. Kita sudah lapor ke dinas terkait namun tidak juga direspon," ujarnya.

4. Warga harus sediakan menyediakan makanan ‎

Petani Dlingo Resah, Kera Ekor Panjang Ambil Tanaman Siap Panen  Ilustrasi buah-buahan untuk pakan kera ekor panjang. The Daily Meal

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Pemkab Bantul, Yus Warseno mengatakan pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan dari warga terkait serangan kera ekor panjang. Namun pihaknya akan bergerak cepat untuk mengatasi serangan kera ekor panjang.

"Kalau mungkin solusinya ya warga memberikan pakan kepada kera ekor panjang seperti yang ada di Bali karena kalau ditangkap tidak mudah," terangnya.‎

Baca Juga: Kasihan, Potret Monyet Ekor Panjang di Bali Diperdagangkan Seperti Ini

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya