Petani Bantul Sukses Uji Coba Budidaya Mina Padi

Meski bulan kemarau perkembangan ikan nilai bagus

Bantul, IDN Times - Musim tanam kali ini digunakan oleh para petani yang tergabung di Kelompok Tani Dwi Manunggal untuk ujicoba budidaya mina padi. Dengan difasilitasi Kementrian Kelutan dan Perikanan (KKP) RI, ujicoba ini berhasil menghasilkan panen lebih banyak dibanding sebelumnya. Meski dilakukan saat musim kemarau, ikan nila dari sawah dapat berkembang dengan baik. 

 

1. Dengan sistem budidaya mina padi mampu hasilkan gabah 11 ton perhektar

Petani Bantul Sukses Uji Coba Budidaya Mina PadiIDN Times/Andra Adyatama

Penyuluh Perikanan Badan Riset SDA Kelautan dan Perikanan, Sulistyatmoko menjelaskan bahwa fasilitasi dari KKP RI untuk lahan seluas 15 hektar. Hasil panen, Sulis menilai jauh lebih baik karena satu hektar dapat menghasilkan padi hingga 11 ton. Padahal rata-rata lahan di wilayah itu tanpa mina padi hanya menghasilkan 9,93 ton. Angka ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hasil panen rata-rata Kabupaten Bantul yang hanya sekitar 6 ton perhektarnya. 


“Untuk ikan bisa sampai 800 kilogram,” imbuhnya disela panen raya di Dusun Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Jumat (4/10).

 

Baca Juga: Laguna Pengklik Mati Suri, Ini Solusi Dinas Pariwisata

2. Ikan nila mampu membantu pertumbuhan padi

Petani Bantul Sukses Uji Coba Budidaya Mina PadiIDN Times/Daruwaskita

Sulis menambahkan dengan sistem ini petani selain mendapat hasil lebih banyak, dapat memanen ikan yang dibudidaya. Menurutnya ikan jenis nila yang dibesarkan di sawah tersebut bukan hanya sebagai penunjang pemanfaatan lahan. Namun juga dapat membantu pertumbuhan padi. Nila akan memakan hama sehingga petani tidak perlu melakukan penyemprotan pestisida. Selain itu pemupukan juga hanya dilakukan cukup sekali dari mulai tanam hingga panen. Kotoran ikan dinilai dapat memberikan nurisi tambahan bagi tanaman, sehingga dapat berkembang dengan lebih baik. 


“Hasil panen tambah dan biaya produksi petani menurun,” paparnya.


Ketua Kelompok Tani Manunggal, Subandi membenarkan hal ini. Bahkan menurutnya sejak ikan nila dimasukkan ke sawah dia tidak lagi menemui tanaman padi yang tidak produktif atau biasa disebut gabuk. Tanaman padi yang gabuk akan menjadi makanan ikan nila termasuk rumput-rumput pengganggu diantara tanaman padi. 


“Tidak perlu disorok, karena tidak ada rumput yang perlu dibersihkan,” paparnya.

3. Tak butuh air yang berlimpah agar ikan nila tetap hidup

Petani Bantul Sukses Uji Coba Budidaya Mina PadiIDN Times/Pito Agustin Rudiana

Subandi menambahkan seluruh lahan di kelompoknya sekitar 18  hektar namun yang digunakan ujicoba baru 15 hektar saja. Pada saat usia padi 20 hari bibit nila mulai ditebar di sawah. 


Perawatannya hanya diberi pakan yang juga bantuan dari KKP. Rata-rata setiap seribu meter persegi sawah, menghabiskan pakan jenis pellet B78 sebanyak 100 kilogram hingga panen. Saat dipanen dalam satu kilogram terdiri dari 8-10 ekor ikan nila. 


“Pertumbuhannya cepat kalau nila,” sebutnya.


Penerapan sistem mina padi ini hanya sedikit merubah teknis persawahan. Di tepi sawah akan dibuat kolam dalam, meskipun tidak lebar namun kedalaman air sekitar 40 cm. Sedangkan kedalam air dibagian lain tetap sama seperti sawah pada umumnya, sekitar 10 cm. Menurutnya lokasi persawahan itu tidak pernah kekurangan air. Selama ini mengandalkan saluran irigasi Bendung Mrican dengan air yang bersumber dari Sungai Gajahwong. Subandi mengatakan syarat utamanya adalah ketersediaan air, sehingga air di sawah harus tetap terjaga. 


“Tidak harus dalam, yang penting air itu ada terus,” tandasnya.

 

4. Hama regul jadi ancaman utama budidaya mina padi

Petani Bantul Sukses Uji Coba Budidaya Mina Padihttp://wojournals.com

Sejauh ini kendala yang dihadapi oleh petani justru pada hama ikan berupa regul. Hewan pemakan ikan ini menjadi musuh petani, karena jaring yang dipasang mengelilingi sawah tidak mampu menghalau regul. Selain itu belum adanya jaringan pemasaran ikan yang membeli ikan hasil petani. Namun begitu Subandi mengaku akan melanjutkan sistem mina padi tersebut. Meskipun diperkirakan lahan akan berkurang, Subandi yakin petani lain mulai tertarik untuk melanjutkan sistem ini. “Kalau selanjutnya kan petani harus mandiri ya, tidak bisa mengandalkan bantuan lagi jadi tidak bisa sebanyak sekarang,” pungkasnya.

Baca Juga: Pasar Malam Perayaan Sekaten Disepakati Bakal Digelar 2 Tahun Sekali

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya