Penambang Pasir Sungai Opak Bantul Temukan Arca Kepala Budha

Arca Kepala Budha sudah diserahkan petugas BPCB DIY

Bantul, IDN Times - ‎Sebuah arca kepala Budha ditemukan oleh Mardiyanto, warga Dusun Bendo, Desa Wukirsari saat menambang pasir di Sungai Opak yang berada tak jauh dari tempat tinggalnya.‎

Pria yang sehari-hari berprofesi sebangai penambang pasir itu juga menemukan perhiasan berupa bros dan amunisi yang masif aktif. Tiga penemuan benda tersebut ditemukan di lokasi yang berbeda.

Baca Juga: Arca di Sleman Diperkirakan Berusia 10 Abad Lebih

1. Arca kepala Budha ditemukan empat hari yang lalu‎

Penambang Pasir Sungai Opak Bantul Temukan Arca Kepala BudhaIlustrasi penambangan pasir di sungai. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dusun Bendo, Marsudi mengatakan penemuan arca kepala Budha ini ditemukan sekitar empat hari yang lalu oleh Mardiyanto yang sedang menambang pasir di sungai Opak.

"Saat menemukan patung logam arca kepala Budha ini langsung disimpan oleh Mardiyanto," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (1/7).

2. Ditemukan pula perhiasan berupa bros dan amunisi‎

Penambang Pasir Sungai Opak Bantul Temukan Arca Kepala Budha(Ilustrasi) Unsplash/Will Porada

Selang tiga hari berikutnya, Mardiyanto kembali menemukan benda aneh yakni perhiasan semacam bros berbentuk bunga dan amunisi aktif jenis senjata mesin berat. 

"Merasa menemukan barang-barang aneh, Mardiyanto berinisiatif melapor ke Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY dan Museum Pleret. Laporan selanjutnya ditindak lanjut oleh petugas didampingi perangkat desa dan aparat kepolisian,"ujarnya.

Arca kepala Budha dan perhiasan semacam bros selanjutnya dibawa oleh petugas dari Balai Pelestarian Cagar Budaya untuk dilakukan identifikasi. Begitu pula dengan amunisi sudah dibawa oleh aparat kepolisian.

"Namun hasil identifikasi belum diketahui," ucapnya.

3. Banyak penemuan benda punya nilai sejarah di Dusun Bendo‎

Penambang Pasir Sungai Opak Bantul Temukan Arca Kepala BudhaIlustrasi benda-benda memiliki nilai sejarah. google

Ternyata tak hanya Mardiyanto saja yang menemukan arca, bros dan amunisi di Sungai Opak, penambang juga pernah menemukan sebuah lumpang. 

"Memang di Dusun Bendo cukup banyak ditemukan benda-benda bersejarah. Beberapa tahun silam warga juga menemukan batu hitam semacam lumpang dan benda tersebut saat ini masih disimpan warga," tambahnya.‎

Selain benda bersejarah, bulan lalu penambang juga menemukan sebuah pistol. Saat ini pistol sudah diserahkan ke polisi.  

Baca Juga: Operator Alat Berat Temukan Dua Arca Saat Gali Tanah di Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya