Comscore Tracker

Pemkab Bantul Targetkan 17 Agustus 2021  Merdeka dari COVID-19

Dinkes Bantul gencarkan 3T dan vaksinasi

Bantul, IDN Times - Setiap tanggal 17 Agustus rakyat Indonesia memperingati HUT kemerdekaan , peristiwa bersejarah tersebut akan dijadikan Pemkab Bantul sebagai momentum untuk bebas dari COVID-19. Untuk mencapai target tersebut Dinas Kesehatan Bantul diminta menggencarkan vaksinasi agar imunitas masyarakat terus meningkat.

"Ya mudah-mudahan vaksinasi semakin masif, sehingga Bantul segera bebas dari penjajahan COVID-19 pada tanggal 17 Agustus mendatang," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Joko Purnomo, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Pandemik, Angka Pernikahan Dini di Bantul Melonjak hingga 100 Persen

1. Dinkes Bantul gencarkan 3T agar tidak terjadi fenomena gunung es

Pemkab Bantul Targetkan 17 Agustus 2021  Merdeka dari COVID-19Contoh bagan hasil tracing . Dok. Humas Pemkot Surabaya

Selain menggencarkan vaksinasi, Dinkes Bantul diminta menggencarkan tracing, testing dan treatment (3T), karena angka kasus COVID di Bantul cukup tinggi.

 "Angka positif COVID-19 harian di Bantul cukup signifikan, semua itu karena cepatnya tracing agar pandemik tidak liar dan bisa dikendalikan. Jadi kalau temukan kontak erat itu bisa langsung ditesting dan treatment lebih cepat. Jangan sampai seperti fenomena gunung es," tambahnya lagi.

 

2. Pemkab susun langkah agar target 17 Agustus 2021 Bantul bebas COVID-19 tercapai

Pemkab Bantul Targetkan 17 Agustus 2021  Merdeka dari COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan langkah yang harus diambil untuk mewujudkan Bantul bebas COVID-19 pada tanggal 17 Agustus. Namun dia ingin agar langkah itu dibarengi dengan keseriusan.

"Langkah-langkah yang akan dilakukan, pertama kita akan melakukan inventarisasi terhadap wilayah-wilayah baik itu kapanewon, kalurahan, pedukuhan yang dikategorikan sebagai zona merah, oranye, dan hijau," katanya.

Setelah dilakukan inventarisasi selanjutnya adalah identifikasi klaster yang terjadi di daerah tersebut. "Nah setelah itu baru kita akan susun salah satu programnya kita mengoptimalkan elemen-elemen pemerintah hingga tingkat bawah bahkan membentuk relawan menyongsong Idulfitri," ujarnya.

 

3. Dinkes gencarkan 3T dan vaksinasi

Pemkab Bantul Targetkan 17 Agustus 2021  Merdeka dari COVID-19Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja (baju batik). IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan 3T di Bantul gencar dilakukan karena Bantul dijadikan daerah percontohan nasional untuk pelaksanaan 3T oleh Kemenkes.

"Kita juga menerima bantuan alat rapid tes antigen dari Kemenkes yang cukup banyak dan sudah didistribusikan ke puskesmas untuk menggencarkan 3T," ujarnya.

Pemkab Bantul akan gencar melakukan dilakukan vaksinasi sesuai ketersediaan vaksin yang dikirim dari pusat.

"Begitu vaksin datang segera kita lakukan vaksinasi sesuai prioritas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul dan Kemenkes," terangnya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya