Pemkab Bantul Cari Investor untuk Bangun Homestay 

Untuk meningkatkan lama kunjungan wisatawan

Bantul, IDN Times - Lama tinggal wisatawan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta terbilang sangat singkat, hal ini disebabkan pilihan penginapan yang tersebar di Kota Yogyakarta lebih beragam. 

Untuk menggaet wisatawan agar mau tinggal lebih lama, Bupati Bantul Suharsono merencanakan pembangunan sejumlah homestay sekelas hotel berbintang. 

Baca Juga: Benahi Pantai Samas, Dinas Pariwisata Bantul Gelontorkan Rp4,5 Miliar

1. Bupati Bantul ingin bangun homestay sekelas hotel bintang‎

Pemkab Bantul Cari Investor untuk Bangun Homestay IDN Times/Daruwaskita

Bupati Bantul, Suharsono mengatakan dirinya mempunyai wacana untuk membangun homestay yang tak kalah dengan hotel kelas bintang, yang dipercaya mampu menarik wisatawan untuk datang menginap. 

"Saya justru mendorong para investor atau masyarakat justru membangun home stay yang fasilitasnya tak kalah dengan hotel kelas bintang," kata Suharsono dalam acara peresmian gedung Tourist Information Center di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa, Pantai Depok, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (18/6).

2. Wisatawan saat ini cenderung memilih home stay untuk menginap‎

Pemkab Bantul Cari Investor untuk Bangun Homestay IDN Times/Daruwaskita

Keinginan orang nomor satu di Bantul ini diamini oleh Widayati Bandia, Kabid Destinasi Area III pada Asdep Pengembangan Destinasi Regional II, Kemenpari RI , dirinya mengaku saat ini banyak wisatawan yang memilih tinggal di homestay sekitar tempat wisata karena jauh dari kemacetan.

"Bahkan sekarang ada homestay yang atapnya langit atau tak punya atap. Namun demikian dengan air yang melimpah dan bersih justru banyak diburu wisatawan," ungkapnya.

4. Pejabat Bantul tak malu minta dana ke pusat untuk pengembangan pariwisata‎

Pemkab Bantul Cari Investor untuk Bangun Homestay IDN Times/Daruwaskita

Bantul kata Widayati patut diacungi jempol dengan berbagai usaha untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, menurutnya dengan melakukan pembenahan di destinasi wisata, Bantul dapat bersaing dengan Kota Yogyakarta dan Sleman.

"Para pejabat di Pemda Bantul terutama Bupati dan Kepala Dinas Pariwisata tak malu untuk datang ke Jakarta untuk meminta anggaran guna perbaikan sarana dan prasarana wisata sehingga hasilnya sudah bisa dilihat."

Baca Juga: Malioboro Bebas Kendaraan, Wisatawan Ramai-Ramai Foto di Tengah Jalan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya