Pemilih Milih Bekerja, Jumlah Suara Paslon Berkurang 

Suara paslon 01 tetap unggul

Gunung Kidul< IDN Times - Jumlah perolehan suara pilpres di dua TPS di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta turun. Pemungutan suara ulang dilakukan adanya pemilih dari luar wilayah menggunakan E KTP tanpa disertai formulir A5.

Baca Juga: Antara Berhasil dan Kapok: 5 Negara Ini Sudah Terapkan Pemilu E-Voting

1. Partisipasi pemilih turun

Pemilih Milih Bekerja, Jumlah Suara Paslon Berkurang IDN Times/Prayugo Utomo

Dua TPS tersebut adalah TPS 18 di Dusun Bali, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang dan TPS 16 Dusun Candi, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari.

"Dari hasil pantauan KPU jumlah partisipasi  pemilih turun di bawah 50 persen,"kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmad Ruslan Hani, Minggu (28/4).

Ruslan menjelaskan pada TPS 18 Dusun Bali pada pemilu serentak Rabu(17/4) dari jumlah DPT 200 yang hadir sebanyak 169 orang namun saat PSU hanya diikuti 144 ditambah 2 pemilih khusus.

"Untuk TPS 16 Dusun Candi total  pemilih hanya diikuti 103 pemilih ditambah 3 orang pemilih khusus. Padahal saat Pemlu 17 April lalu jumlah pemilih sebanyak 216. Hanya 49,05 persen tingkat partisipasinya."

2. Penurunan disebabkan pemilih bekerja di luar daerah‎

Pemilih Milih Bekerja, Jumlah Suara Paslon Berkurang IDN Times/Daruwaskita

Ruslan menjelaskan menurunnya partisipasi pemilih disebabkan banyaknya pemilih yang bekerja di luar kota bekerja di luar daerah.

"Warga di TPS 18 Dusun Bali, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang banyak pemilih yang bekerja di Bantul. Sedangkan warga di TPS 16 Dusun Candi, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari banyak yang bekerja di Klaten,"terangnya.

3. Suara paslon 01 tetap unggul

Pemilih Milih Bekerja, Jumlah Suara Paslon Berkurang IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dari hasil perhitungan suara dua TPS tersebut paslon 01 Jokowi Ma'aruf unggul, namun jumlah jumlah suara yang dicapai lebih kecil dibanding Pemilu 17 April lalu. 

Saat pemilu serentak, TPS 18 Dusun Bali, perolehan suara paslon 01 mendapat 142 suara, paslon 02 mendapat 24 suara dengan suara tidak sah 4 suara.

Sedangkan saat PSU, paslon 01 mendapat 124 suara dan paslon 02 mendapatkan suara 21 suara.

Sedangkan di TPS 16 Dusun Candi, saat pemilu serentak pada 17 April, paslon 01 memperoleh 124 suara, dan paslon 02 mendapat 42 suara.

Saat PSU paslon 01 memperoleh suara 82 suara, paslon 02 mendapatkan 23 suara. Dan 1 suara tidak sah.

Baca Juga: Jumlah Pemilih Berkurang di Pemungutan Suara Ulang 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya