Pemerintah Kebut Jalur Jalan Lintas Selatan Bakal Selesai Tahun Ini  

JJLS menyisakan 38 kilometer di wilayah DIY dan Jatim

Bantul, IDN Times - ‎Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa sepanjang 1.320 kilometer dari Jawa Barat hingga Banyuwangi, Jawa Timur akan selesai di tahun 2023.

"Kita targetkan JJLS akan selesai pada tahun 2023 ini," katanya saat meresmikan Jembatan Kretek 2, Kabupaten Bantul, Jumat (2/6/2023).

1. Pembangunan JJLS hanya menyisakan puluhan kilometer di wilayah DIY dan Jawa Timur

Pemerintah Kebut Jalur Jalan Lintas Selatan Bakal Selesai Tahun Ini  JJLS Jawa yang sepi dari aktivitas warga. (Dok. Istimewa)

Menurutnya, saat ini pembangunan JJLS di Jawa Barat telah selesai 100 persen, demikian pula di wilayah Jawa Tengah. Sedangkan JJLS di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menyisakan pekerjaan sekitar 14 kilometer. Sedangkan di Jawa Timur kurang 24 kilometer.

"Kekurangan itu akan kita selesaikan tahun 2023 ini," ungkap Jokowi.

2. Jalur pengiriman logistik lebih lancar

Pemerintah Kebut Jalur Jalan Lintas Selatan Bakal Selesai Tahun Ini  Presiden Joko Widodo resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Setelah menyelesaikan pembangunan JJLS tahun 2023, pemerintah berharap jalur logistik menjadi lebih lancar. "Kita berharap kecepatan jalur logistik, mobilitas orang, barang semuanya bisa lancar karena kita memiliki jalur lintas selatan," ungkapnya.

Baca Juga: 7 Wisata di Sekitar JJLS Gunungkidul, Ada Bukit dan Pantai yang Indah

3. Pembangunan kelok 18

Pemerintah Kebut Jalur Jalan Lintas Selatan Bakal Selesai Tahun Ini  Pembangunan JJLS di Kecamatan Girisubo, Gunungkidul di tahun 2019. (IDN Times/Febriana Sinta)

Jokowi berharap untuk penyelesaian pembangunan JJLS di wilayah Bantul dan Gunungkidul yang dikenal dengan kelok 18, bisa berhubungan dengan Kementerian PUPR. 

"Kalau untuk pembangunan JJLS di Kelok 18 (JJLS yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Gunungkidul) itu masalah teknis. Nanti bisa ke Menteri PUPR," tandasnya.‎

Baca Juga: Habiskan Dana Rp364 Miliar, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya