Pembukaan Objek Wisata, Dispar Bantul Raup PAD Rp864 Juta

Pelaku usaha di Pantai Depok mulai bisa cicil utang ke bank

Bantul, IDN Times - ‎Satu bulan uji coba pembukaan objek wisata, Kabupaten Bantul mampu meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp864 juta. Nilai tersebut diperoleh dari retribusi masuk objek wisata dengan jumlah wisatawan mencapai 88.949 orang.

"Uji coba pembukaan objek wisata mulai tanggal 20-31 Oktober 2021 sebanyak 88.949 wisatawan dengan PAD mencapai Rp864 juta," ujar‎ Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (1/11/2021).

Baca Juga: Warga Bantul Budidaya Ayam yang Diklaim Bisa Deteksi Gempa

1. Pantai Parangtritis dan Depok menyumbang paling banyak

Pembukaan Objek Wisata, Dispar Bantul Raup PAD Rp864 JutaWisatawan di Pantai Parangtritis. IDN Times/Daruwaskita

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan masih didominasi Pantai Parangtritis dan Pantai Depok (pantai wilayah timur) menyusul Pantai Samas hingga Pantai Baru (pantai wilayah barat) dan Gua Selarong.

"Pantai Parangtritis dan Pantai Depok selama ini memang penyumbang banyak PAD dari sektor pariwisata di Bantul," ungkapnya.

2. Ganjil genap masih akan terus diterapkan

Pembukaan Objek Wisata, Dispar Bantul Raup PAD Rp864 JutaIlustrasi petugas memutarbalik wisatawan karena plat kendaraan tak sesuai kebijakan ganjil genap di TPR Pantai Samas, Bantul, Minggu (19/9/2021). (IDN TImes/Daruwaskita)

Ipung mengaku tetap akan memberlakukan kebijakan ganjil genap bagi kendaraan bermotor milik wisatawan di objek wisata pantai dan objek wisata alam di Mangunan. Aturan ini diterapkan setiap akhir pekan mulai Jumat siang hingga Minggu.

"Selain itu juga diberlakukan jumlah wisatawan hanya 25 persen dari kapasitas yang ada," ungkapnya.

3. Pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok sudah bisa cicil utang

Pembukaan Objek Wisata, Dispar Bantul Raup PAD Rp864 JutaRumah makan seafood di Pantai Depok Salsabila II.(IDN Times/Daruwaskita)

Pembukaan objek wisata saat PPKM Level 2 di Bantul disambut gembira oleh pelaku usaha di Pantai Depok yang merupakan sentra kuliner seafood di Bantul.

"Ya tentu senang, kita sudah hampir satu tahun lebih terpuruk karena objek wisata ditutup bahkan pintu masuk objek wisata sehingga sama sekali tidak ada tamu," ujar Dardi Nugroho, salah satu pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok.

Meski sektor pariwisata belum sepenuhnya pulih, sudah banyak wisatawan yang datang ke Pantai Depok untuk bersantap menu seafood dan juga menikmati keindahan Pantai Depok.

"Ya sudah ada pendapatan, sudah bisa mencicil utang di perbankan. Ndak dikejar-kejar lagi oleh bank untuk membayar tagihan utang," terangnya.‎

Baca Juga: Cuma Rp10 Ribu, Tempat Wisata di Bantul Ini Bisa Dikunjungi Sekaligus

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya